Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Minyak Mustard Sehatkan Jantung Anda

taufiqurokhman.com (Dwarka) – Kandungan minyak mustard tidak sekedar lebih baik dari minyak zaitun. Manfaatnya sama-sama mencegah penyakit jantung. Diterangkan para ahli, minyak mustard memiliki rasio ideal asam lemak esensial dan antioksidan alami. Ini besar manfaatnya untuk menjaga kesehatan jantung.

Untuk diketahui, mustar (bahasa Inggris mustard) adalah salah satu rempah-rempah yang berasal dari biji tanaman sesawi (beberapa jenis Brassica dan Sinapis) yang dihaluskan, sebelum diencerkan dengan air dan ditambah bahan-bahan lain. Rempah ini memiliki rasa agak pedas dan agak menyengat di lidah dan langit-langit mulut yang agak mirip dengan wasabi. Mustar telah lama menjadi penyedap dalam khazanah boga Eropa.

mustard oil dalamJenis mustar tergantung dari bahan bakunya. Sumber mustar adalah biji tanaman sesawi putih (Sinapis alba), sesawi hitam (Brassica nigra), atau sesawi coklat/India (Brassica juncea). Mustar putih memberikan rasa yang paling “lembut”, sedangkan mustar hitam memberikan rasa pedas dan menyengat yang kuat. Jenis-jenis mustar ini masih berkerabat dekat dengan sawi (B. rapa), rapa (B. napus) dan kubis (B. oleracea). Biji-biji tumbuhan kerabat ini sebetulnya juga dapat diolah menjadi mustar tetapi aromanya kurang tajam sehingga jarang dipakai.

Mustar dari Dijon dan Meaux di Perancis sangat terkenal di seluruh dunia, begitu pula mustar Inggris asal Norwich dan Tewkesbury. Mustar biasanya dijual dalam kemasan botol gelas, botol plastik, atau dalam tube. Merek mustar yang terkenal di Amerika Serikat, misalnya: Plochman’s, French’s dan Gulden’s. Merek mustar Amora dan Maille populer di Perancis, sedangkan merek Colman’s lebih populer di Inggris. Di Jerman mustar juga populer sebagai teman sosis bakar. Merek yang dominan adalah Tom’s.

Minyak mustard, yang memiliki rasa pedas juga mengandung sekira 60% lemak tak jenuh tunggal, 21% lemak tak jenuh ganda dan sekira 12% lemak jenuh. “Tingkat tinggi lemak tak jenuh juga disebut lemak baik. Gunanya untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan kolesterol baik,” ujar Reeti Kapoor, dari Rumah Sakit Venkateshwar, Dwarka.

Dijelaskan lebih lanjut, minyak mustard juga mengandung 6% asam lemak omega-3 dan 15% omega-6. Kandungan tersebut juga untuk menjaga kesehatan otak. Anda dapat mengurangi trigliserida atau kadar lemak darah, yang mendukung kesehatan jantung. Lebih penting lagi dapat mencegah penyakit komplikasi jantung.

Minyak ini juga mengandung vitamin E untuk melawan kerusakan kulit. Serta mengandung beta karoten dan vitamin A untuk mencegah penyakit mata. Pada bayi, minyak mustard juga baik untuk pijat. Ini dapat melembabkan kulit bayi yang sensitif. Tak hanya itu, Anda juga dapat menumbuhkan rambut si kecil dengan baik. Demikian dilansir Zeenews, Kamis (8/6/2017).

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *