Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Cara Obati Migrain dan Turunkan Tekanan Darah Tinggi

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Migrain merupakan penyakit yang sangat mengganggu bagi sebagian orang. Bisa jadi Anda termasuk salah satunya di antara mereka. Tak jarang sakit kepala sebelah membuat pekerjaan terhambat. Sebab, biasanya rasa sakit yang disebabkan oleh migrain tidak tertahankan dan membuat kepala berdenyut. Menurut data dari Migraine Action, setidaknya 9 juta di Inggris terkena migrain.

Hingga kini, belum diketahui secara pasti apa penyebab terjadinya migrain. Namun, sakit kepala sebelah ini bisa dicegah dengan beberapa cara. Dilansir dari Express, Sabtu (8/7/2017), inilah cara-cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari migrain:

Makan Mentimun
Cucumber 1Orang yang memiliki tekanan darah tinggi biasanya mengonsumsi mentimun untuk membuat tekanan darahnya turun. Tekanan darah tinggi dan migrain kemungkinan saling berhubungan. Sebab, hipertensi bisa membuat kepala terasa pusing. Selain itu, pusing juga bisa timbul akibat kekurangan cairan. Mentimun adalah makanan yang mengandung banyak air sehingga mengonsumsinya bisa membuat Anda terhindar dari migrain. Anda bisa mengonsumsinya dengan memakan secara langsung atau dibuat jus.

Konsumsi CoQ10
Ini adalah zat mirip vitamin yang ada pada sel tubuh. Zat ini bisa membantu mengurangi sakit kepala dan migrain. Kadar CoQ10 yang diproduksi tubuh akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi obat yang mengandung zat ini. Namun, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai dosis yang seharusnya Anda terima.

Pilates
Latihan ini bisa membantu melepaskan ketegangan terutama di kepala. Lynne Robinson, pendiri Body Control Pilates dan penulis Pilates For Life, mengatakan, “Saat Anda berfokus untuk mengendalikan keselarasan, pernapasan, dan keterpusatan, tidak ada waktu untuk khawatir dengan hal lain sehingga pikiran menjadi tenang.”

Makan Teratur
Hormon mungkin mempengaruhi sakit kepala, terutama pada perempuan yang sedang mengalami menstruasi. Untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh, usahakan jangan melewatkan jam makan Anda. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak protein dan biji-bijian. Selain itu batasi asupan gula untuk mencegah kadar gula dalam tubuh meningkat. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran berdaun hijau, ikan, dan biji bunga matahari. Ketiga makanan itu mengandung magnesium yang bisa menjadi obat penenang alami sehingga bisa meredakan rasa sakit kepala. Untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B6 dan B12.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *