Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Menkop UKM Sebut, Koperasi SMR Langkah Strategis Hadapi Kesenjangan

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengapresiasi kehadiran Koperasi Saudagar Minang Raya sebagai wujud nyata, terciptanya pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya masyarakat Sumatera Barat yang ada di daerah dan di perantauan. Menurut Menteri Puspayoga, pendirian Koperasi SMR memang harus dilakukan, mengingat Bapak Koperasi Bung Hatta juga berasal dari Tanah Minang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga ketika mengukuhkan kepengurusan Koperasi SMR yang juga bertepatan dengan penyelenggaraan Festival Kampoeng Minangkabau 2017 di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Dalam acara tersebut turut hadir Gubernur Sumatera Barat Prof. D.r Irwan Prayitno dan Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Datoek Intan Bano serta masyarakat asal Minang yang ada di Jakarta.

Sejumlah stand untuk menjual makanan dan minuman serta kerajinan tangan khas Minangkabau juga digelar. Menurut Puspayoga, pertumbuhan ekonomi harus bisa memberikan pemerataan kesejahteraan. “Kalau rasio kemiskinan masih tinggi, artinya pertumbuhan ekonomi hanya dinikmati oleh segelintir orang saja. Untuk pemerataan kesejahteraan, tidak ada jalan lain selain mendirikan koperasi. Karena, di dalam koperasi banyak UKM yang menjadi anggota. Jadi, pembentukan Koperasi SMR ini sebagai langkah strategis,” terang Menkop.

joel -1Puspayoga mengingatkan, saat ini tidak perlu memiliki banyak koperasi. Menurutnya, Yang harus ditingkatkan adalah jumlah anggota koperasi mengingat, langkah membangun koperasi berkualitas merupakan tujuan utama program reformasi koperasi yang sudah digulirkan Pemerintahan Presiden Jokowi. “Kita sudah membubarkan 43 koperasi tidak aktif. Sisanya yang 150 ribu koperasi, separuhnya sedang kita bina untuk disehatkan dengan melakukan RAT. Kalau tidak sehat juga, maka koperasi itu akan kita bubarkan, dikeluarkan dari database kita,” tandas Puspayoga.

Gubernur Sumatera Barat, Pro Dr Irwan Prayitno menyambut baik pendirian Koperasi SMR dan diselenggarakannya Festival Kampoeng Minangkabau 2017 yang digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, mulai 28 April – 1 Mei 2017.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *