Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Menkeu Sebut, Teknologi Sangat Penting Digunakan di Sistem Keuangan Negara

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mendorong kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk menggunakan teknologi dalam bekerja, mengingat penggunaan teknologi bisa menciptakan efisiensi, penghematan anggaran, serta bekerja lebih cepat. “Dengan anggaran yang sama tapi hasilnya jadi lebih baik. Kemudian di sisi kecepatan, ketepatan, kredibilitas dengan tekonologi mampu memperbaiki kinerja birokrasi,” ujar Sri Mulyani di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Ani, sapaan akrab Sri Mulyani membanggakan Kementerian Keuangan yang telah menggunakan teknologi dalam mengelola 26.000 satuan kerja yang tersebar di seluruh Indonesia. Pihaknya harus memantau pendapatan dan pengeluaran uang negara secara detail. “Ini tidak mungkin kita lakukan tanpa teknologi. Kemudian kita mendesain Modul Penerimaan Negara (MPN), penerimaan bisa di seluruh perbankan di kantor pelayanan pajak di 350 cabang,” katanya.

Tanpa teknologi, Ani mengakui pihaknya akan kesulitan. Dibutuhkan birorakrat sebanyak-banyaknya untuk mengelola ini. Namun, dengan Modul Penerimaan Negara tahap generasi 2, masalah ini bisa diatasi. Modul penerimaan Negara Generasi Kedua (MPN G2) adalah sistem penerimaan negara yang menggunakan surat setoran elektronik. Surat setoran elektronik adalah surat setoran yang berdasarkan pada sistem billing. “Ratusan ribu transaksi yang meningkat tiap tahunnya bisa ditangani dengan ini. Dulu seluruh transaksi diawasi 181 Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) seluruh Indonesia.”

Melalui teknologi, Kementerian Keuangan juga berhasil melakukan efisiensi. Pegawai di kantor KPPN bisa dikurangi karena menggunakan teknologi. “Dulu setiap kantor KPPN ada 500 pegawai, dengan teknologi ini sekarang cuma 25 staf saja. Dengan teknologi jumlah orang bekerja jadi sedikit, akurasi tinggi, kecepatan lebih baik.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *