Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Mawlynnong, Desa Terbersih di Asia

taufiqurokhman.com (Mawlynnong) – Sampah merupakan masalah utama yang membelit wilayah perkotaan terutama di kota-kota besar. New Delhi sebagai Ibukota India juga tak luput dari problema ini. Jika New Delhi masih berjibaku mengatasi tumpukan sampah, tidak demikian dengan Mawlynnong. Nama Mawlynnong memang terdengar asing karena merupakan desa kecil di India. Di desa ini masyarakatnya tak pernah menolerir perilaku jorok membuang sampah sembarangan.

Mawlynnong-2Sikap warganya yang sadar kebersihan menjadikan Mawlynnong disebut sebagai desa terbersih di Asia. Pada 2003 nama Mawlynnong terangkat ketika menjadi headline di majalah Discover. Dalam artikel di majalah itu, desa yang terletak di distrik East Khasi Hills dijuliluki sebagai Asia’s Cleanest Village atau desa terbersih di Asia. Seluruh penduduk Mawlynnong mulai dari anak-anak hingga orang tua selalu meluangkan waktunya untuk menjaga kebersihan desa. Sejak artikel Mawlynnong dimuat, desa berpenduduk sekitar 600 jiwa itu mulai menyedot perhatian wisatawan.

Mereka berbondong-bondong menuju Mawlynnong untuk menyaksikan sendiri bagaimana bersihnya desa itu. Ketenaran Mawlynnong akhirnya sampai ke telinga para turis mancanegara. Mereka juga tak ketinggalan berkunjung ke Mawlynnong. Kebersihan lingkungan tak cuma sekadar ‘gimmick’ untuk menarik wisatawan namun telah menjadi gaya hidup warga setempat sejak lama. Sejumlah warga meyakini gaya hidup bersih penduduk Mawlynnong dimulai sejak 130 tahun silam. Kala itu wabah kolera menjangkiti warga desa.

Mawlynnong-3Demi menghentikan wabah kolera, penduduk membersihkan desa dan berkomitmen menjaganya agar selalu bersih. Kebiasaan menjaga lingkungan akhirnya ditularkan turun temurun hingga kini. Dalam kebiasaan Mawlynnong, kaum wanitalah yang mengorganisir kegiatan bersih-bersih. Walau wanita memegang kendali namun setiap orang di komunitas tersebut punya peran menjaga kebersihan. Setiap pagi anak-anak menyapu jalan di depan rumah masing-masing sebelum berangkat sekolah. Mereka juga diberi tanggung jawab memilah sampah yang ada di keranjang bambu. Sampah-sampah dibedakan antara sampah organik, material plastik, dan sampah yang bisa dibakar.

Dedaunan yang disapu dari halaman dan jalan dikumpulkan di satu wadah untuk diolah menjadi kompos. Sedangkan sampah-sampah plastik didaur ulang untuk dimanfaatkan menjadi barang yang bisa digunakan kembali. Sejatinya merokok dan menggunakan plastik dilarang di Mawlynnong. Plastik-plastik yang terdapat di Mawlynnong merupakan sampah dari para turis. Penduduk setempat tak pernah memprotes turis yang datang dengan membawa plastik. Warga akan langsung memungut sampah plastik setiap menemukannya.

Setiap rumah tangga di Mawlynnong sudah memiliki kamar mandi dan toilet sendiri. Di India, kondisi ini termasuk bagus karena masih banyak kelompok masyarakat perdesaan yang rumahnya masih belum punya kamar mandi sendiri.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *