Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Mau Mudik Pakai Sepeda Motor? Biar Aman dan Nyaman, Ikuti Tipsnya Disini..

Taufiqurokhman.com – Lebaran tinggal menghitung hari. Semua warga yang bukan asli Jakarta berbondong-bondong untuk melakukan mudik lebaran dan merayakan hari raya di kampung halaman tercinta. Walau banyak alat transportasi yang bisa digunakan untuk mudik, seperti halnya bus, kereta api, ataupun pesawat, tapi masih ada yang mudik menggunakan sepeda motor. Karena selain biaya yang relatif murah, mudik pakai motor juga dianggap efektif melibas kemacetan.

Apa kamu termasuk salah satu pemudik yang ingin mudik pakai motor? Nah, supaya kamu bisa selamat sampai tujuan, simak dulu yuk tipsnya berikut ini. Cekibrot!!!

Cek Kondisi Motor

Jadi sebelum kamu pergi mudik, kamu harus pastikan dulu kalau motor kamu dalam keadaan sehat. Periksa seluruh bagian motor kamu, mulai dari ban, rem, oli, lampu maupun kelengkapan surat-suratnya. Apakah semuanya sudah terpenuhi dengan baik atau belum. Kalau perlu, kamu servis dulu sebelum mudik supaya lebih terjamin keamanan dan kenyamanan kamu selama perjalanan mudik.

Jangan Bawa Makanan Terlalu Banyak

Supaya tidak mengganggu kenyamanan kamu selama dalam perjalanan mudik, sebaiknya kamu tidak membawa makanan yang terlalu banyak. Pastikan juga barang bawaan kamu sudah diikat kencang supaya dalam perjalanan tidak jatuh.

Pakai Perlengkapan Berkendara yang Tepat

Sebagai pengendara motor, sudah seharusnya kamu menggunakan perlengkapan berkendara yang tepat selama dalam perjalanan mudik. Ini bisa membuat kamu aman dan nyaman dalam berkendara. Pakailah helm yang sesuai dengan standar, jaket tebal, sarung tangan dan sepatu.

Istirahat Saat Lelah

Janganlah sesekali kamu paksakan untuk melanjutkan perjalanan mudik saat kamu merasakan lelah dan ngantuk. Kalau kamu lelah, segeralah beristirahat. Karena kalau dipaksakan akan berakibat fatal. Istirahat sejenak untuk mendapatkan kesegaran kembali dalam tubuh kamu dan mengembalikan konsentrasi kamu yang sempat hilang saat lelah.

Menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara adalah hal penting yang tak boleh disepelekan supaya kamu bisa selamat sampai di tempat tujuan. Semoga perjalanan mudikmu lancar!

Dr. Taufiqurokhman, M.Si merupakan seorang mantan DPRD Banten. Kini beliau bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *