Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Makhluk Laut yang Bagus untuk Jantung dan Kesehatan Mental

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Selain dikenal memiliki nutrisi tinggi, ternyata ikan termasuk udang adalah makanan laut paling direkomendasikan untuk dikonsumsi karena kaya akan lemak baik dan protein. Di samping itu, ikan juga dianggap bagus untuk melawan penyakit jantung dan meningkatkan kualitas kesehatan mental. Seperti dilansir dari Times of India, berikut adalah daftar ikan yang paling banyak dipilih orang sekaligus manfaatnya.

Salmon
Salmon kaya dengan omega 3 dan mendorong kesehatan jantung. Harga salmon hasil ternak biasanya lebih murah dibanding salmon liar hasil tangkap. Jadi, dari segi kantong, membeli salmon jenis yang pertama sangat direkomendasikan. Tetapi, salmon liar jelas memiliki vitamin yang lebih tinggi, begitu juga kandungan mineralnya. Menurut Asosiasi Para Pekerja Kesehatan Reproduktif, semakin tua dan besar ikan salmon, semakin tinggi kandungan merkuri di dalamnya. Itu sebabnya disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon segar.

Tuna
Tuna kaya dengan vitamin B12 dan D dan kaya dengan kandungan kalsium dan besi. Daging ikan tuna juga mengandung protein rendah lemak. Anak-anak dan ibu hamil kerap direkomendasikan untuk memakan berbagai variasi santapan ikan tuna. Yang harus dicermati adalah saat menyantap ikan tuna kaleng karena daging mengandung kadar sodium yang tinggi. Bagi yang sangat memperhatikan asupan garam, menyantap tuna kalengan bukanlah pilihan yang sehat.

Kod
Ikan Kod dianggap sebagai salah satu makanan tersehat di dunia. Ikan penuh sisik ini merupakan sumber yang bagus untuk vitamin B12 dan omega 3. Kod dipilih sebagai alternatif pengganti terbaik untuk daging merah sebagai protein dan dapat melawan berbagai penyakit. Daging ini sangat memberi manfaat bagi penderita atherosclerosis dan mereka yang memiliki kondisi jantung diabetes. Yang paling penting adalah ikan kod sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Banyak penelitian telah membuktikan orang yang mengonsumsi daging ikan ini memiliki kondisi jantung yang bagus dan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena serangan jantung dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.

Trout
TroutMenyantap daging ikan trout segar selalu menjadi pilihat terbaik. Ikan bintik-bintik yang hidup di air tawar ini mengandung lemak omega 3, yang bagus untuk kesehatan jantung. Para pakar kesehatan merekomendasi ikan trout pelangi dibanding trout liar. Alasannya adalah karena ikan trout pelangi biasanya dikembangbiakan sehingga terlindungi dari kontaminasi.

Haring
Ikan ini mirip seperti ikan sarden. Ikan kecil ini merupakan sumber yang bagus untuk vitamin D dan zinc. Ikan haring memiliki rasa sedikit berbeda karena dagingnya yang lembut. Mengonsumsi ikan haring setiap hari dalam pola makan akan membuat sel darah merah sehat. Protein yang ditemukan di ikan haring berfungsi sebagai sumber dari asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi haemoglobin dalam tubuh.

Sarden
Sarden adalah satu-satu ikan berminyak yang tinggi kandungan vitaminnya. Sarden menyediakan nutrisi yang lebih banyak untuk kulit dan tulang. Salah satu keuntungan kesehatan dari ikan sarden ini adalah perlindungan dari penyakit jantung, perlindungan dari kanker jenis tertentu, dan membantu menguatkan tulang. Selain itu, ikan sarden juga menguatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kendali tekanan darah.

Udang Karang
Udang karang mirip dengan lobster ukuran mini. Mereka akan berubah menjadi merah saat dimasak. Dagingnya empuk dan berair saat dimakan. Mereka masuk dalam kategori mahluk hidup sehat yang mengandung lemak sangat rendah. Udang karang tinggi kandungan vitamin B dan mineral seperti zinc, besi, magnesium, fosfor dan kalsium.

Lele
Ikan lele memiliki banyak manfaat kesehatan. Terlepas dari rasanya yang manis, dagingnya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Daging ikan lele kaya dengan vitamin dan lemak sehat. Lele memiliki banyak kandungan yang rendah kalori dan lemak. Jadi, memasukan lele sebagai salah satu makanan dalam pola diet sehat sangat direkomendasikan. Daging lele memiliki asam lemak sehat seperti omega 3 dan omega 6. Badan perlindungan lingkungan alam mencatat ikan lele sebagai ikan yang paling banyak dikonsumsi orang karena potensi kandungan merkurinya yang paling rendah. Selain itu, lele juga mengandung vitami B22 yang membantu tubuh mengelola sistem syaraf.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *