Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Makanan yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Saat Diare

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Ketika diare, seseorang akan menyesali apa yang dikonsumsi sebelumnya. Sakit perut dan berulang kali buang air besar membuat tubuh menjadi lemah dan lelah. Diare biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika diare berlangsung selama dua minggu atau lebih, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Melissa Rosen, dokter dan asisten profesor di NYU Langone Medical Center, AS, mengungkapkan ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat diare karena mudah dicerna. Makanan yang dianjurkan tersebut antara lain adalah:

Pisang
Banana3Dokter Rosen merekomendasikan BRAT, yakni makanan diet yang terdiri dari pisang, nasi, saus apel, dan toast, ketika seseorang diare. Makanan rendah serat seperti pisang akan membantu usus besar. Ketika diare tubuh kehilangan potassium karena banyak buang air besar, menurut Mayo Clinic, pisang akan membantu mengisinya kembali.

Nasi Putih
Nasi putih lebih baik dan membantu saat diare dibanding konsumsi nasi cokelat yang kaya serat.

Saus Apel
Konsumsi saus apel dapat membantu mengatasi diare, karena mengandung serat yang disebut pectin yang membantu sistem pencernaan. Mengkonsumsi buah segar dan sayuran bukan pilihan tepat saat diare, karena sulit dicerna.

Toast
Seperti halnya nasi, toast juga baik dalam mengatasi diare, dan memperlancar pencernaan. Dalam hal ini, roti yang terbuat dari tepung terigu, lebih dari gandum.

Kentang
Makanan satu ini kaya akan potassium. Pastikan buang kulitnya karena itu mengandung banyak serat yang tak baik buat diare. Kentang goreng tidak termasuk karena itu digoreng dan tak membantu diare.

Pretzels
PretzelsKue berupa tiga simpulan yang kaya mengandung garam akan membantu tubuh mengatasi diare.

Sup
Semangkok sup encer juga dianjurkan karena tidak meninggalkan sisa, dan baik untuk pencernaan.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *