Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Lukisan Berusia 3.500 Tahun Ditemukan di Cina

taufiqurokhman.com (Lanzhou) – Sebanyak 16 lukisan batu yang diukir dengan gambar-gambar binatang ditemukan di Provinsi Gansu, wilayah Barat Laut Cina. Dalam sebuah penelitian, arkelolog mengatakan lukisan tersebut nampaknya dibuat 3.500 tahun lalu.

Beberapa lukisan menggambarkan rusa, hewan yang sangat penting dalam ekosistem di Gansu. Secara keseluruhan ada 16 lukisan batu yang ditemukan tepatnya di Gunung Yumu, area Gunung Qilian di ketinggian 2.760 meter.

Lima lukisan paling besar menggambarkan rusa yang memiliki panjang 16 sentimeter dan tinggi delapan sentimeter. Hewan itu dilukis dalam posisi berdiri, dengan keempat kaki yang sedikit menekuk dan terlihat ada beberapa rusa kecil di dekatnya yang sedang dalam posisi berjalan.

Para peneliti mengatakan rusa sangat peka terhadap perubahan iklim dan lingkungan. Karena itu, lukisan-lukisan batu ini dapat memberikan petunjuk tentang lingkungan kuno Gunung Qilian dan kondisi kehdiupan para pemburu lokal.

Setidaknya hampir 5.000 lukisan batu yang ditemukan di lebih dari 80 lokasi di area Gunung Yumu. Sebagian besar lukisan menggambarkan hewan-hewan yang dipelihara dengan baik oleh masyarakat setempat.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *