Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Lima Makanan yang Sehat Bagi Jantung

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Menjaga kesehatan jantung menjadi hal teramat penting di dalam hidup. Kesehatan jantung bisa dijaga tidak hanya dengan meninggalkan kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji atau olahan. Jantung sehat juga bisa didapatkan dengan memilih jenis makanan yang bisa membantu mengurangi kolesterol. Dilansir melalui CNN Health, kesehatan jantung juga bisa dijaga dengan mengonsumsi makanan yang mampu menurunkan tekanan darah dan peradangan. Kelompok makanan apa saja yang bisa diandalkan?

Oat dan Barley
Gandum dan jelai mengandung jenis serat larut khusus yang disebut betaglukan. Serat ini mempunyai sejumlah manfaat bagi tubuh manusia. Studi mengungkapkan, betaglukan mampu menyumbat respons insulin tubuh, meningkatkan kekebalan, serta melindungi radiasi selama kemoterapi. Namun perannya dalam menurunkan kadar kolesterol tak bisa dipandang sebelah mata.

Betaglukan mampu mengikat asam empedu dan kolesterol dalam usus untuk mencegah penyerapannya ke dalam tubuh. Ide terbaik adalah dengan mengonsumsi oat sebagai sarapan pagi secara teratur. Penelitian menyebutkan, 3 gram betaglukan bisa mengurangi kolesterol hingga 10 persen.

Salmon dan Minyak Ikan
Salmon dan beberapa jenis minyak ikan lainnya mengandung asam lemak omega 3 yang teramat penting bagi jantung. Ikan berlemak sejenis salmon, tuna, mackerel, trout, dan sarden bisa menjadi sumber utama. Kemudian makanan sejenis lobster, tiram, dan cumi juga bisa menjadi sumber protein untuk diet jantung sehat. Secara keseluruhan semuanya mengandung omega 3 yang melindungi kesehatan.

Studi menunjukkan, makanan tersebut juga mengurangi penggumpalan darah, menurunkan tekanan darah, dan menjaga pembuluh darah tetap sehat. Omega 3 juga ditemukan pada jenis kacang-kacangan dan biji-bijian. Hanya saja manfaatnya tidak sekuat dari yang diperoleh ikan dan lemak ikan. Jenis nabati juga tidak bisa menggantikan peran mereka dalam rantai makanan.

Sayuran Hijau
Bayam, kale, lobak swiss, collard, dan sawi hijau kaya akan vitamin A, C, E, dan K. Secara keseluruhan kandungan tersebut bisa membantu membersihkan racun di dalam tubuh. Namun sayuran jenis itu juga memiliki kandungan kalium, magnesium, dan kalsium melimpah sehingga menempatkannya pada 10 jenis makanan terbaik bagi jantung.

Kalium, magnesium, dan kalsium berperan dalam tekanan darah. Keberadaannya membantu para penderita diabetes tipe 2 yang berisiko terserang penyakit jantung. Ahli gizi menyebutkan, ketiga zat tersebut jauh lebih baik didapatkan dari segunung bayam daripada mengonsumsi suplemen. Ditambah pula, sayuran ini kaya serat yang membantu menurunkan kolesterol dan menjaga berat badan.

Kacang dan Biji-bijian
Kacang dan biji-bijian juga bisa mengurangi pengencangan pembuluh darah, denyut jantung, tekanan darah, dan kolesterol. Menurut penelitian mengonsumsi satu kali sehari jenis kacang atau biji-bijian bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kacang kenari, walnut, almond, dan macadamia bisa menjadi pilihan yang tepat. Tetapi kacang tinggi kalori. Konsumsi sekitar setengah ons atau dua sendok makan selai kacang saja per hari.

Buah Bit
Buah bit mengandung banyak nitrit oksida. Kandungan tersebut bisa membantu menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan, minum 2 setengah cangkir jus buah bit per hari secara signifikan bisa membantu menurunkan tekanan darah secara cepat. Buah bit juga merupakan sumber antioksidan yang cukup besar.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *