Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Lima Makanan yang Punya Manfaat Luar Biasa bagi Kesehatan

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Saat ini sudah banyak obat-obatan yang beredar untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit atau untuk sekedar menjaga tubuh agar tetap fit sepanjang hari. Akan tetapi, tidak banyak yang menyadari bahwa obat-obatan tersebut bisa digantikan dengan makanan yang lebih alami dan mudah dijumpai di pasar. Dilansir laman Lifehack, jika Anda menderita penyakit ringan, makanan berikut bisa membantu mengatasinya.

Bok Choy
Jika Anda sedang menjalani program diet ketat, mengeliminasi asupan nutrisi tentu menjadi tantangan tersendiri. Untungnya, bok choy atau kubis China bisa menjadi solusi agar nutrisi tetap terjaga. Sayuran ini masih ‘bersaudara’ dengan brokoli dan kubis. Satu cangkir bok choy bisa memenuhi 64 persen asupan vitami K, 59 persen vitamin C, 40 persen vitamin A harian dan beberapa mikronutrisi penting lain. Bok choy juga dikenal sebagai sumber kalsium, kalium dan vitamin B6, mangan, zat besi dan serat.

Kayu Manis
Kayu manis memiliki manfaat bagi kesehatan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Kandungan ini membantu melindungi sel tubuh dari senyawa oksigen yang dibawa oleh radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsi antioksidan secara teratur telah terbukti dapat mencegah penyakit jantung, Alzheimer’s dan demensia. Tak hanya itu, antikoksidan juga berguna untuk mencegah timbulnya tanda-anda penuan seperti kerutan halus dan hilang ingatan.

Buncis
BuncisDiabetes adalah salah satu masalah kesehatan yang semakin besar saat ini. Penyakit ini disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Meskipun Anda sudah melakukan diet gula, Anda ternyata juga wajib mengonsumsi buncis, karena sayuran ini ternyata juga bisa mengatasi diabetes. Tumbuhan satu ini dapat menurunkan kadar insulin dan menyebarkan gula ke seluruh tubuh. Tak hanya itu, buncis juga ampuh untuk memerangi kadar gula darah yang tidak normal yang bisa memicu diabetes.

Kentang
Layaknya tomat dan terung, kentang adalah bahan makanan yang mudah diproduksi, namun memberikan efek yang begitu besar bagi kesehatan. Kentang kaya akan zat besi, fosfor, kalsium dan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang.

Tahu
Tahu adalah makanan yang populer di antara makanan olahan kedelai lain. Tahu sangat dikenal baik oleh para vegetarian karena kaya akan protein. Namun, makanan kaya protein biasanya memiliki kadar kolesterol tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi diketahui bisa memicu timbulnya tekanan darah tinggi dan atherosclerosis. Keduanya sangat sulit disembuhkan, oleh karena itu penting bagi Anda memperhatikan kadar kolesterol selagi Anda masih sehat.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *