Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Lidah Buaya dan Efek Sampingnya yang Berbahaya

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Lidah buaya merupakan tanaman yang seringkali digunakan untuk berbagai keperluan medis dan kosmetik. Walau begitu, lidah buaya ternyata juga berbahaya bagi kesehatan jika dibuat jus. Mengonsumsi gel lidah buaya untuk dijadikan jus dalam jumlah besar dapat menyebabkan beberapa efek samping karena tidak diproses dengan baik. Inilah beberapa efek samping dari jus lidah buaya seperti dilansir dari StyleCraze, Kamis (8/6/2017).

Diare
Lidah buaya mengandung zat yang disebut antrakuinon yang biasa digunakan untuk obat pencahar. Jika mengonsumsi jus lidah buaya dalam jumlah besar dapat menyebabkan diare berat yang menimbulkan rasa sakit, kram, dan dehidrasi. Orang-orang, yang menderita sindrom iritasi usus dan masalah gastrointestinal, sebaiknya tidak minum jus lidah buaya, karena mengandung obat pencahar tinggi yang dapat meningkatkan keparahan masalah.

Menghambat Penyerapan Obat
Aloe Vera dalamLidah buaya mengandung laxative yang bisa menghambat penyerapan obat. Maka bagi Anda yang sedang menjalani perawatan medis atau minum obat harus berkonsultasi ke dokter apabila ingin mengonsumsi jus lidah buaya.

Memperparah Masalah Kesehatan
Lateks yang terkandung pada lidah buaya memiliki banyak resiko bagi kesehatan. Beberapa penyakit seperti kolitis, radang usus buntu, ambeien, sakit perut, dan bisul bisa semakin parah bila mengonsumsi lidah buaya. Bahkan terdapat laporan yang menunjukkan bahwa hepatitis disebabkan oleh konsumsi jus lidah buaya. Meminum jus lidah buaya dalam waktu yang berkepanjangan juga dapat meningkatkan risiko sembelit. Selain itu, asupan lateks aloe dapat menyebabkan penipisan potasium dari sel-sel pada lapisan usus. Kebanyakan meminum jus lidah buaya dapat menyebabkan penumpukan darah di panggul yang menyebabkan kerusakan ginjal.

Keguguran
Lidah buaya memiliki sifat menyucikan dan mengiritasi. Hal itu dapat merangsang kontraksi pada Rahim sehingga ibu hamil dilarang mengonsumsi jus lidah buaya karena bisa menyebabkan keguguran dan cacat lahir.

Meningkatkan Adrenalin
Konsumsi jus lidah buaya dapat menyebabkan tubuh memproduksi adrenalin dalam jumlah berlebihan, Hal itu tentunya berbahaya bagi orang yang menderita penyakit jantung. Adrenalin yang meningkat juga dapat menurunkan kadar potassium dalam tubuh dan menyebabkan detak jantung tidak teratur.

Menyebabkan Kanker
Jus lidah buaya ternyata bisa menyebabkan pseudomelanosis coli jika diminum lebih dari satu tahun. Ini merupakan suatu kondisi yang meningkatkan risiko kanker kolorektal. Bahkan ada kemungkinan berkembangnya resiko karsinogenik jika mengonsumsi jus lidah buaya dalam jumlah tinggi. Umumnya, efek samping jika mengonsumsi jus lidah buaya paling sering dialami oleh mereka yang mengonsumsi dalam jumlah berlebihan sehingga melebihi dosis yang dianjurkan.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *