Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Lebaran Tahun Ini, PT KAI Siapkan Gerbong Gratis Untuk Angkut Motor Pemudik

Taufiqurokhman.com – Pelayanan ini diberikan PT KAI bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan demi mengurangi kepadatan dan tingkat kecelakaan di jalan raya oleh sepeda motor saat arus mudik Lebaran.

Tahun ini PT KAI akan mengerahkan 35 kereta bagasi dengan rincian 14 kereta bagasi untuk lintas utara, 14 kereta bagasi untuk lintas selatan 1, dan 7 kereta bagasi untuk lintas selatan 2, dengan target kapasitas angkut sebesar 15.834 motor, meningkat dari tahun 2015 yang hanya berkapasitas angkut 9.900 motor.

Dilansir dari laman PT KAI, fasilitas angkutan motor gratis ini akan dioperasikan selama enam hari saat arus mudik, yakni mulai tanggal 28 Juni–3 Juli 2016 dan selama 7 hari operasi saat arus balik mulai tanggal 10-16 Juli 2016.

Taufik 05
Dr. Taufiqurokhman: Diskusi Publik menjadi Nara Sumber

Beberapa stasiun pemberhentian yang akan disinggahi adalah sebagai berikut:
1. Lintas Utara Stasiun Jakartagudang – Stasiun Surabayapasarturi
Stasiun pemberhentian: Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Semarangtawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat
2. Lintas Selatan 1 Stasiun Jakartagudang – Stasiun Kutoarjo
Stasiun pemberhentian: Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo
3. Lintas Selatan 2 Stasiun Jakartagudang – Stasiun Kediri
Stasiun pemberhentian: Lempuyangan, Klaten, Solojebres, Madiun, Kertosono

Masyarakat yang ingin memanfaatkan pelayanan angkutan motor gratis dengan kereta dapat melakukan pendaftaran mulai tanggal 8 Maret 2016 di Stasiun Jakartagudang dan Stasiun Pasarsenen, Jakarta pukul 08.00 s.d. 18.00 WIB dengan membawa KTP, SIM, STNK asli yang masih berlaku beserta masing-masing 3 lembar fotokopiannya.

Sementara bagi masyarakat yang melakukan pendaftaran angkutan motor gratis, PT KAI dan Kementerian Perhubungan juga memfasilitasi untuk pembelian tiket mudik menggunakan kereta dengan ketentuan maksimal tiga orang dalam satu keluarga (2 dewasa, 1 anak max. 11 tahun) untuk satu unit motor.

PT KAI menyediakan lima kereta untuk memfasilitasi para pengguna layanan angkutan motor gratis ini dengan keberangkatan penumpang untuk arus mudik mulai tanggal 29 Juni s.d. 4 Juli 2016 dan arus balik tanggal 11-17 Juli 2016 dengan pembagian sebagai berikut:

1. Melakukan pendaftaran tanggal 8 Maret hingga 6 April 2016, difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan kereta Kertajaya Rangkaian Panjang (non PSO), Kutojaya Utara (non PSO), Bengawan, dan Brantas (selama seat masih tersedia).

2. Melakukan pendaftaran tanggal 7 April hingga 6 Mei 2016 difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan kereta Kutojaya Utara Tambahan Lebaran (non PSO) (selama seat masih tersedia).

3. Melakukan pendaftaran 7 Mei hingga 6 Juni 2016 tidak difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan kereta.
PT KAI mengalokasikan tiga kereta pada setiap KA tersebut di atas untuk memfasilitasi para pengguna layanan angkutan motor gratis dengan kapasitas tempat duduk per hari sebanyak 1696 seat dengan total seat sebanyak 22.048 selama arus mudik dan balik Lebaran 2016.

Bagi pendaftar angkutan motor gratis yang memanfaatkan fasilitas pembelian tiket mudik, pembayaran dapat dilakukan pada saat pendaftaran motor di Stasiun Jakartagudang dan Pasarsenen, Jakarta.

Petugas akan menyerahkan bukti pembayaran kepada pendaftar yang nantinya dapat ditukarkan dengan tiket asli pada saat dropping/penyerahan motor pada H-1 keberangkatan angkutan motor gratis di Stasiun Jakartagudang

Dr. Taufiqurokhman, M.Si merupakan seorang mantan DPRD Banten. Kini beliau bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *