Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Kota-kota di Dunia yang Terancam Tenggelam

taufiqurokhman.com – Mencairnya es di kutub utara akibat pemanasan global semakin lama semakin memprihatinkan. Setiap tahunnya, permukaan air laut naik 1-3 mm. Apabila tak selekasnya diantisipasi, naiknya permukaan air laut sudah pasti berbahaya untuk keberlangsungan hidup manusia yang tinggal di permukaan bumi. Dan yang lebih memprihatinkan, sebagian kota besar di dunia ternyata terancam tenggelam akibat naiknya permukaan air laut, pondasi yang rapuh, ataupun penyedotan air tanah. Berikut kota-kota besar di dunia yang terancam tenggelam tersebut .

Bangkok, Thailand
Kepala Pusat Peringatan Bencana Nasional Thailand, Smith Dharmasaroja, memperkirakan, pada tahun 2100 Bangkok bakal jadi Atlantis kedua. Kota ini akan terbenam dikarenakan berbagai faktor, seperti, pergantian iklim akibat dampak rumah kaca, naiknya permukaan air laut, erosi pantai, dan pergeseran tanah. Ditambah lagi letak kota yang rendah mengakibatkan Bangkok setiap tahunnya senantiasa alami banjir.

Ho Chi Minh City (Saigon), Vietnam
ho-chi-minhSalah satu kota terpadat di Asia Tenggara ini juga terancam tenggelam. Akibat berkurangnya permukaan tanah membuat daerah ini rawan banjir. Setiap tahunnya, ketinggian banjir meninggi setinggi 2cm.

Shanghai, China
Shanghai dahulunya hanya satu tempat yang dikelilingi rawa. Keperluan akan tempat tinggal serta jumlah masyarakat yang membengkak membuat bangunan pencakar langit semakin banyak di daerah itu. Tidak heran, setiap tahunnya permukaan tanah di Shanghai turun setengah inchi. Berdasarkan data PBS, permukaan tanah di Shanghai turun sekitar 2, 4 meter dalam rentang waktu th. 1921 hingga 1965. Beberapa pakar memperkirakan, tanah di Shanghai tidak dapat lagi menahan beban berat bangunan di atasnya. Diperkirakan suatu waktu Shanghai bakal terbenam jika Sungai Yangze meluap.

Mumbai, India
Tidak jauh berbeda dengan Bangkok, kelompok aktivis Greenpeace memperkitakan pada th. 2100 kota Mumbai akan tenggelam oleh air laut. Naiknya air laut sampai 5 mtr. mengakibatkan kota ini masyarakat di kota terancam kelangsungannya.

Jakarta, Indonesia
Selain letak geografis yang ada dibawah permukaan air laut, keperluan akan air tanah yang tinggi ditengarai jadi salah satu penyebabnya tenggelamnya daratan Jakarta. Populasi masyarakat yang selalu bertambah jadi alasan paling utama kebutuhan akan air tanah. Dalam kurun saat 20 th. ke depan, diperkirakan jumlah penduduk di Ibukota bertambah sampai 40 juta jiwa.

Mexico City
Selain kelima kota tersebut di atas, kota yang juga disebut-sebut akan tenggelam adalah Mexico City, Mexico. Kota yang satu ini setiap tahunnya terbenam sedalam 20cm apabila berlangsung banjir. Letaknya yang ada di lembah ditambah sistem drainase yang buruk membuat Mexico City terancam terbenam. Mulai sejak tahun 1975, kemampuan drainase kota itu turun 30 %. Tetapi saat ini pemerintah tengah mengupayakan pembuatan terowongan drainase raksasa yang diklaim bisa menyimpan air cukup banyak.

New York, USA
Setelah Mexico, New York, Amerika Serikat pun masuk dalam daftar kota-kota yang akan tenggelam. Naiknya permukaan air laut nyatanya ikut mengancam kota di Amerika Serikat ini. Posisinya yang ada di mulut sungai Hudson yang terhubung langsung ke samudera Atlantik ikut jadi pemicunya. Science Daily memperkirakan, air laut kota itu naik 2 x lipat di banding lautan yang lain. Tidak cuma itu, erosi pantai, penurunan susunan tanah serta perusakan lingkungan dapat juga menyebabkan luapan air di kota yang di kenal sebagai pusat usaha dunia itu.

Venesia, Italia
tenggelam1Venesia pun disebut-sebut seabagi kota yang akan tenggelam. Akhir tahun 2012, kota ini terendam banjir parah. Fenomena ini ada karena gabungan dari hujan lebat serta angin dari selatan. Sekurang-kurangnya 70 % daratan di kota kanal ini terendam banjir dengan kedalaman sampai meraih 1, 5 mtr. diatas normal. Banjir itu rupanya satu diantara tanda-tanda kalau lokasi Venesia selalu terbenam. Christian Science Monitor bahkan juga mencatat, kota itu turun permukaan tanahnya selama 30 cm sepanjang 100 th. paling akhir.

Meningkatnya ketinggian air di Laut Mediterania memberi kemungkinan besar kota kanal itu terbenam. Ahli hidrologi asal Belanda, Jan Jaap Brinkman menerangkan bila sistem penyedotan air tanah terus-menerus dikerjakan, di penghujung era ke-21, Jakarta bakal tenggelam sedalam lima sampai enam mtr.. Tinggal menunggu waktu Jakarta akan tenggelam dibawah air laut seperti kota Atlantis. Kota-kota tersebut terancam terbenam akibat naiknya permukaan air laut serta pemanasan global.

 

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *