Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Kota 10 Ribu Tahun Akan Ditenggelamkan, Hanya Karena Bendungan

taufiqurokhman.com (Istanbul) – Kota tua Hasankeyf, Turki yang berusia lebih dari 10 ribu tahun akan segera ditenggelamkan. Hasankeyf memiliki sejarah panjang mulai dari kekuasaan Romawi, Bizantium hingga Ottoman. Kota itu pun menjadi harta berharga untuk dunia arkeologi.

Akan tetapi, kota itu harus merelakan diri untuk pembangunan bendungan Ilisu. Kota itu pun akan menghilang dalam beberapa tahun lagi seperti dikutip dari Travel and Leisure, Sabtu (21/10).

Kota itu juga menjadi tempat tinggal sekitar 80 ribu orang. Pemerintah Turki menyatakan pembangunan bendungan akan memberikan energi yang cukup untuk kawasan tersebut. Pemerintah Turki akan merelokasi penduduk dan membangun museum untuk 300 monumen besar dari situs bersejarah itu.

Rencana pembangunan bendungan itu telah dimunculkan sejak 1950 dan baru disetujui pada 2006. Konsorsium bendungan Ilisu mengalami pembekuan pembiayaan pada 2008 karena proyek tersebut dinilai Bank Dunia tidak memenuhi standar dalam proteksi warisan kebudayaan. Akan tetapi, proyek itu kembali berlanjut dan akan berjalan dalam beberapa tahun lagi.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *