Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Kopi Indonesia Raih Penghargaan dari Australia

taufiqurokhman.com (Melbourne) – Biji kopi asal Indonesia berhasil meraih penghargaan dalam Australia International Coffee Awards. Dalam kompetisi tersebut, biji kopi asal Tanah Air yang mendapat gelar juara yaitu biji kopi dari Kerinci, Toraja, Simalunggun, Ciwidei, dan Wahana.

Australia International Coffee Awards sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara Melbourne Internasional Coffee Exhibition (MICE) 2018 yang digelar di Melbourne Showgrounds, Ascot Vale, Melbourne, Australia. Dalam pameran tersebut, Indonesia memamerkan biji-biji kopi unggulan yang berasal dari sejumlah daerah di Nusantara.

Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Sydney Agung Haris Setiawan menuturkan, selama gelaran pameran, Indonesia meraup transaksi sebesar 0,5 juta dolar AS. Transaksi ini diperoleh dari dua perusahaan kopi yang ditampilkan di Paviliun Indonesia, yaitu Opal Coffee dan Q Coffee. Keduanya merupakan perusahaan Indonesia yang telah mengeskpor biji kopi dari berbagai wilayah di Nusantara, di antaranya Sumatra, Jawa, Bali, Flores, Sulawesi, dan Papua.

MICE 2018 merupakan pameran B to B terbesar di Australia di bidang industri kopi, teh, coklat, dan susu. Ini merupakan peluang Indonesia untuk mempromosikan produk kopi dari berbagai wilayah nusantara di Australia, kata Agung. Pada tahun 2017, ekspor kopi Indonesia ke Australia mencapai 23,64 juta dolar AS. Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2016 yang hanya sebesar 17,36 juta dolar AS.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *