Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Kopi Bagus untuk Penderita Diabetes

taufiqurokhman.com – Banyak mitos menyebut, kafein harus dihindari oleh para penderita diabetes. Namun mitos tersebut tidak perlu dikhawatirkan, sebab tidak terbukti kebenarannya. Kafein sendiri ternyata baik untuk dikonsumsi oleh semua orang, tak terkecuali bagi para penderita diabetes. “Tidak ada larangan kafein bagi penderita diabetes. Justru kopi itu bagus untuk otot jantung dan zat antioksidan,” ujar spesialis penyakit dalam, dr. Benny Santosa, SpPD, KEMD, dalam diskusi media ‘Kepatuhan Berobat Pasien Diabetes’ di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Menurutnya, tidak perlu ada larangan untuk konsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya. Hal tersebut bukan pantangan. Namun, konsumsinya sendiri, sebaiknya tidak berlebihan. “Satu cangkir kopi itu sudah cukup bermanfaat bagi tubuh. Selama tidak mengalami efek samping seperti jantung yang berdebar-debar, satu cangkir per hari sudah cukup,” kata Benny.

Asupan kopi atau minuman kafein yang berlebihan akan berdampak buruk. Selain itu, disarankan agar membiasakan diri konsumsi kopi tanpa gula. “Adaptasi minuman kafein tanpa gula sudah mulai harus dilakukan. Alangkah baiknya konsumsi kopi tanpa gula, karena asupan gula sendiri sebenarnya sudah banyak tercukupi dari makanan lain. Kalau ditambahkan, bisa berlebihan di tubuh,” tutup Benny.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *