Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Konsumsi Tembakau Bisa Picu Kebutaan

taufiqurokhman.com (India) – Tembakau yang umum digunakan dalam rokok, tidak hanya bisa menyebabkan kanker, tetapi penggunaan jangka panjang juga bisa menyebabkan kebutaan. Sejumlah dokter dari All India Institute of Medical Science (AIIMS) mengatakan, kasus kebutaan karena tembakau ini merupakan kasus yang tidak bisa diperbaiki, atau irreversible.

BlindDilansir laman Times of India, para dokter itu juga mengatakan bahwa sejumlah studi menunjukkan mereka yang merokok tembakau, secara signifikan berisiko mengalami katarak meningkat dibandingkan yang tidak merokok.

Merokok, atau mengunyah tembakau lebih dari 5-10 tahun, kata para dokter, bisa memengaruhi saraf optik yang bisa mengakibatkan kehilangan pandangan. “Seringkali, kasus kebutaan tidak bisa dikembalikan. Orang hanya tahu merokok dan mengunyah tembakau menyebabkan penyakit jantung dan kanker, tetapi kehilangan penglihatan, serta masalah mata lainnya karena tembakau tidak banyak diketahui,” ujar Dr Atul Kumar, kepala Dr R P Centre for Ophthalmic Sciences di AIIMS.

Dia mengatakan, total jumlah kasus kebutaan di India, setiap tahun lima persennya diakibatkan konsumsi tembakau.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *