Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Konsumsi Buah Bisa Hentikan Kebiasaan Merokok

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Rokok menjadi salah satu kegiatan yang menyebabkan seseorangkecanduan. Karena adanya bahan-bahan adiktif yang terdapat dalam rokok, membuat seseorang akan sulit lepas dari pengaruh rokok. Bagi sebagian orang, akan berhenti merokok setelah dirinya divonis penyakit berat yang bersumber dari rokok. Sementara itu, sisanya masih belum sadar untuk menghentikan konsumsi rokok, ada sedikit pula yang ingin berhenti untuk mengonsumsi rokok, namun masih sulit.

Bagi Anda yang berusaha untuk menghentikan kecanduan rokok, hal yang paling utama yang dapat mendorong seseorang dapat terlepas dari kecanduan rokok adalah adanya niat kuat untuk berhenti. Hal ini pun yang dilakukan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan
drg. Oscar Primadi yang dulunya sebagai perokok aktif. “Dulu saya coba untuk berhenti, memang sulit, tapi saya menanamkan awareness kepada diri sendiri bahwa rokok itu dapat membelenggu aktivitas saya,” ungkapnya saat dikonfirmasi, di Kantor Kementerian Kesehatan Jakarta Selatan.

Dia pun menyebut, upaya ini dilakukannya karena untuk hidup lebih sehat lagi. Sebab, sebelumnya sebagai seorang perokok aktif, dirinya sering mengalami gangguan kesehatan seperti mengalami batuk berlendir setiap pagi saat bangun tidur. “Saya ingin sehat, makanya saya tanamkan diri untuk berhenti. Belum lagi keluarga saya terpapar asap rokok, saya tidak ingin mereka mengalami gangguan kesehatan karena asap rokok (saya),” tuturnya.

Dia pun mengutarakan pentingnya membulatkan tekad untuk benar-benar berhenti merokok. “Enggak ada ceritanya perokok berhenti secara gradual, berhenti ya berhenti. Kita harus bulatkan tekad. Enggak ada tuh kalau mau berhenti harus kurangi konsumsi rokok dari satu hari satu bungkus jadi setengah bungkus, atau pakai rokok elektrik (vape). Berhenti ya berhenti,” katanya.

Oscar mengakui jika rokok adalah sebuah kebiasaan, karenanya untuk berhenti harus dimulai dari diri sendiri. “Rokok itu teman di kala kita ingin ada yang dipegang, ada sesuatu yang ingin dimasukkan ke dalam mulut. Tapi sekali lagi kembali ke diri sendiri. Kalau mau berhenti ini akan selesai,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pemilihan makanan pun sangat penting. Karena berhenti jadi pecandu merokok tidaklah mudah khususnya bagi perokok yang aktif. “Makanan juga itu penting. Dipegang dan itu memang tidak mudah kalau berhenti jadi pecandu untuk merokok. Jadi makanan sehat kayak buah-buahan bisa jadi pengganti buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan,” katanya.

Post Author
admin123
Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *