Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Ketika Kulit Alami Dehidrasi

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Ternyata, bukan hanya tubuh yang bisa mengalami dehidrasi atau kekurangan air, kulit juga bisa mengalami kondisi demikian. Dehidrasi kulit ditandai dengan kulit kering atau kusam yang bersifat sementara, bukan sebagai penanda jenis kulit seseorang. “Dehidrasi kulit bisa ditangani sehingga kulit kembali ke kondisi awalnya,” ujar dr. Jonathan Raharjo Subekti, SpKK di Jakarta.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kulit mengalami dehidrasi. Faktor intristik biasanya terkait usia seseorang. Semakin lanjut usia maka lapisan kulit penghasil kelembapan alami juga berkurang. Kemampuan kulit memroduksi pelembap akan berkurang seiring bertambahnya usia. Kemudian faktor gender juga berpengaruh. Biasanya perempuan lebih mudah mengalami dehidrasi kukit daripada laki-laki. Sebab, perempuan lebih sering terpapar sabun cuci dan zat kimia lain akibat aktivitas rumah tangga.

Dehidrasi kulit juga bisa terjadi akibat faktor eksternal. Selain aktivitas fisik yang sering menggunakan sabun cuci dan zat kimia lain, gaya hidup juga memengaruhi kesehatan kulit. Seorang perokok dan akrab dengan minuman mengandung alkohol rentan mengalami dehidrasi kulit. Bagi para pekerja yang sering berada di luar atau dalam ruangan juga berisiko. Terpapar sinar matahari yang cukup lama atau terkena pendingin ruangan dalam tanpa perlindungan pelembap ekstra juga bisa membuat kulit dehidrasi.

Dehidrasi kulit bisa diatasi dengan banyak cara. “Paling mudah, jangan sampai kekurangan konsumsi air dan menggunakan pelembap kulit,” jelas Jonathan. Hindari paparan sinar matahari secara langsung. Ketika mandi usahakan tidak boleh lebih dari tujuh menit. Terlalu lama terkena air juga bisa menyebabkan kulit dehidrasi lebih mudah. Gunakan sabun mandi dengan tekstur lembut. Jangan lupa menggunakan pelembap tubuh berulang secara rutin.

Sumber : Center

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *