Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Kepala Daerah se-Banten Ikut Pelatihan Integritas di KPK

Taufiqurokhman.com – Kepala daerah se-Provinsi Banten mengikuti kegiatan Workshop Integritas yang digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan selama dua (2) hari (17-18/5/2016). Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dan Gubernur Banten Rano Karno ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Koordinasi Supervisi Penindakan dan Pencegahan Terintegrasi yang dilakukan pada Provinsi Banten.

Menurut Laode, kesadaran membangun integritas semakin menguat dengan adanya pola pikir bahwa korupsi terjadi akibat lemahnya integritas. Karenanya, workshop ini menjadi penting untuk meningkatkan integritas, mencegah Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN), serta memastikan semua sistem yang dibangun bisa selaras dan sesuai kebutuhan

“KPK berharap workshop ini mampu menginspirasi para pemimpin daerah untuk membangun daerahnya dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas. Sebab, kita tahu keteladanan para pemimpin mampu menjadi salah satu faktor kunci perubahan yang lebih baik,” ujar Laode dalam sambutannya.

Selain itu, Laode juga mengapresiasi Pemprov Banten yang memiliki itikad dan komitmen dalam membangun integritas bagi kepala daerahnya agar terhindar dari kejahatan korupsi.

“Saya berharap, para kepala daerah bisa menjalankan roda pemerintahannya dengan amanah dan integritas tinggi sehingga akan terjadi perbaikan di Banten,” katanya.

Sementara, Rano Karno mengakui ada sejumlah masalah terjadi di daerahnya. Sehingga sering berurusan dengan KPK. Adapun masalah yang ada di Banten adalah berkaitan dengan penganggaran, sistem, dan sumber Daya Manusia.

“Memang tidak dapat dipungkiri, ada sejumlah masalah itu. Ada juga masalah rekrutmen SDM, perizinan satu pintu, dan juga masalah pengadaan barang dan jasa,” kata Rano.

Peserta workshop terdiri dari empat pasangan wali kota dan wakil wali kota Tangerang, Tangerang Selatan, Cilegon dan Serang serta empat bupati dan wakil bupati Lebak, Tangerang, Serang, serta Kabupaten Pandeglang.

Selain itu, para peserta juga terdiri dari para pimpinan legislatif di provinsi itu, yakni Ketua DPRD ProvinsinBanten serta delapan ketua DPRD dari masing-masing kota dan kabupaten. Hadir pula Gubernur Banten Rano Karno dalam kesempatan itu.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si merupakan seorang mantan DPRD Banten. Kini beliau bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *