Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Kenari Mampu Mengontrol Nafsu Makan

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Anda yang secara teratur mengonsumsi kenari, salmon, dan minyak canola, yang kaya akan lemak tak jenuh ganda, cenderung mengalami perubahan hormon yang dapat mengendalikan nafsu makan, dan membuat Anda merasa tidak mudah lapar. Hal ini dibuktikan oleh suatu penelitian studi dari universitas Georgia.

Dilansir Indian Express, Sabtu, (17/6/2017), penelitian tersebut mengungkapkan bahwa mengonsumsi diet tinggi lemak tak jenuh menyebabkan penurunan signifikan ghrelin, yaitu hormon yang meningkatkan rasa lapar. Selanjutnya, diet kaya lemak tak jenuh juga menyebabkan peningkatan signifikan peptida YY (PYY), hormon yang meningkatkan rasa kenyang. “Hormon nafsu makan memainkan peran penting dalam mengatur berapa banyak yang kita makan,” kata pimpinan peneliti Jamie A. Cooper, dari University of Georgia.

Menurut Jamie A. Cooper, “Temuan ini memberi tahu kami bahwa mengonsumsi makanan yang kaya dengan lemak tak jenuh, seperti yang ditemukan di kenari, dapat mengubah hormon nafsu makan dengan baik sehingga kita bisa merasa kenyang lebih lama.”

Untuk penelitian yang dirinci dalam jurnal Nutrition, tim tersebut mendaftarkan 26 pria dan wanita sehat (usia 18-35) yang diberi diet tujuh hari lemak tak jenuh atau diet kontrol yang terdiri dari pola makan khas Amerika. Diet kaya lemak tak jenuh mencakup makanan utuh seperti kenari, salmon Alaska, tuna, minyak biji rami, minyak biji anggur, minyak canola, dan suplemen minyak ikan.

Diet kontrol terdiri dari tujuh persen lemak tak jenuh ganda, 15 persen lemak tak jenuh tunggal, dan lemak jenuh 13 persen. Dibandingkan dengan makanan kaya PUFA yaitu 21 persen lemak tak jenuh ganda, sembilan persen lemak tak jenuh tunggal, dan lima persen jenuh. lemak. Peserta mengalami peningkatan PYY saat berpuasa, dan setelah mengonsumsi makanan. Jenis perubahan hormon ini menyiratkan kontrol nafsu makan yang lebih baik, kata periset.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *