Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Kemenperin Sibuk Bikin Mobil Pedesaan

Taufiqurokhman.com – Kementerian Perindustrian saat ini tengah mengembangkan prototipe kendaraan pedesaan yang dimana pengerjaannya sendiri akan diserahkan kepada para siswa di SMKN 2 Klaten, Jateng. Hal ini disampaikan oleh Menperin, Airlangga Hartarto melalui siaran pers yang diterima di Jakarta beberapa waktu lalu.

Nantinya, kata Airlangga, sifat produksi mobil pedesaan itu bukanlah mass production tapi job order. Airlangga juga mengatakan bahwa pengembangan mobil pedesaan yang dilakukan Kemenperin ini akan dimulai dari merancang, membuat standar spesifikasi hingga varian produknya.

“Variannya akan disesuaikan dengan kontur pedesaan masing-masing,” ujarnya.

Airlangga menjelaskan, pengembangan mobil pedesaan ini nantinya akan menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga mencapai 90 persen. Hanya saja, kata Airlangga, soal mesin akan menggandeng perusahaan yang sudah handal.

“Saat ini kami sedang cari ‘bapak angkat’ yang bisa kerjasama mengenai mesin dan transmisinya,” tutur Airlangga.

Sambil mencari mitra untuk pemasok mesin, Kemenperin juga tengah memproses pendaftaran hak paten untuk mobil pedesaan ini.

“Setahun ini kita harapkan bisa selesai semua, kalau hak paten sendiri kita harapkan bisa secepatnya,” ungkapnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *