Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Kekerasan Seksual pada Anak di Lebak Meningkat

taufiqurokhman.com – Kekerasan seksual di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengalami kenaikan hingga Oktober 2016, yakni mencapai 20 kasus dari sebelumnya 2015 sebanyak 15 kasus. “Sebagian besar korban kekerasan seksual tersebut menimpa anak-anak,” ungkap Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (BP2KB) Kabupaten Lebak, Nani Suryani di Lebak, Sabtu (19/11/2016).

Meningkatnya kekerasan seksual itu tentu menjadikan perhatian dan pengawasan orangtua agar anak-anak mereka bisa bergaul dengan baik. Pelaku kekerasan seksual itu beragam mulai usia lanjut, dewasa, anak baru gede (ABG) dan anak. Bahkan, di antaranya pelaku kekerasan seksual tersebut dilakukan oleh orang dekat, seperti guru yang memperkosa siswanya. Namun, kekerasan seksual yang menimpa anak-anak hingga kini belum mendapat hukuman berat. Misalnya, ujar dia, pelaku kekerasan seksual itu divonis hingga 20 tahun penjara. “Kami berharap pelaku kejahatan seksual terhadap anak-anak dijatuhkan hukuman berat agar memberikan efek jera,” ujarnya.

Menurut Nani, pemerintah daerah serius melindungi para korban kekerasan seksual yang menimpa anak-anak dengan mendampingi juga mengawal proses hukum mulai dari Kepolisian hingga Pengadilan. Selain itu juga para korban mendapat rehabilitasi agar tidak mengalami trauma maupun rasa ketakutan. Di samping itu juga mereka para korban yang masih sekolah, tetap difasilitasi agar dapat melanjutkan pendidikannya.

Selama ini, kasus kejahatan seksual anak cukup meningkat, namun para korban dan pelaku hingga kini berlainan jenis.Sedangkan, pelaku dan korban dilakukan satu jenis kelamin atau Lesbian, Gay, Bisex, and Transgender (LGBT) belum ditemukan. “Kami minta semua elemen dapat melindungi anak-anak agar tidak menjadi korban kekerasan seksual,” katanya.

ant

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *