Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Kedubes Jepang Tawarkan Beasiswa Bagi Pelajar Indonesia

taufiqurokhman.com (Denpasar) – Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menawarkan beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) kepada siswa-siswi di nusantara lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas/GAKUBU (S-1). Selain memberi beasiswa untuk menyelesaikan S-1, Kedubes Jepang juga akan menanggung biaya pendidikan untuk College of Technology/KOSEN (D-3) atau professional training college/SENSHU (D-2) di Jepang untuk tahun akademik 2018 (April 2018).

Hal tersebut dikatakan oleh staf Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar, Sokhibi, Senin (8/5/2017). Sokhibi mengatakan, untuk mendapatkan beasiswa tersebut, setiap pelamar hanya bisa mendaftar salah satu program saja. Sebelum masuk universitas, penerima beasiswa akan belajar di preparatory school (sekolah persiapan masuk universitas) pada tahun pertama kedatangannya di Jepang.

Di preparatory school, penerima beasiswa akan belajar tentang negara Jepang, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, matematika, ilmu pengetahuan sosial bagi jurusan IPS, dan fisika, kimia, biologi bagi jurusan IPA. “Keterangan mengenai College of Technology (KOSEN) dapat dibaca di http://www.kosen-k.go.jp/english/index.html,” ujar Sokhibi.

Fasilitas yang akan didapat dari beasiswa tersebut biaya kuliah ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar 117.000/bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar dan tanpa ikatan dinas. Masa pendaftaran tahap I berlaku mulai 2 Mei~11 Mei 2017 (hanya bagi pelamar lulusan tahun 2016 dan tahun sebelumnya, selama masih memenuhi persyaratan umur. Sedangkan pendaftaran tahap II mulai 22 Mei~5 Juni 2017, khusus bagi pelamar lulusan tahun 2017 saja.

Peserta harus memenuhi persyaratan antara lain warga negara Indonesia, lulusan SMA, SMK atau sederajat, lahir antara tanggal 2 April 1996 sampai dengan tanggal 1 April 2001. “Nilai minimal rata-rata Ujian Nasional 8,4 untuk program GAKUBU (S1), 8,0 untuk program KOSEN (D3, hanya terbuka untuk Jurusan IPA saja) dan 8,0 untuk program SENSHU (D2) Untuk prosedur pendaftaran dan informasi lebih rinci dapat membaca di website Kedutaan Besar Jepang. http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta2018.html,” terang Sokhibi.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *