Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Kanker Darah, si Silent Killer

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Dalam waktu berdekatan, dua artis ternama Indonesia meninggal karena kanker. Mereka adalah Yana Zein dan Julia Perez. Tidak lama kemudian menyusul, suami artis Ririn Ekawati yang juga meninggal akibat kanker darah. Kepergian pria bernama Ferry Wijaya ini bisa terbilang mengharukan sebab sang istri tidak mendampinginya ketika sedang meregang nyawa. Ririn datang dari ibadah umroh sesaat sebelum suaminya dikebumikan.

Bahkan, sebelumnya tidak terlihat pengusaha ini sakit-sakitan. Sehingga muncul anggapan bahwa kanker darah adalah silent killer alias penyakit yang diam-diam mematikan lewat cara mengerikan. Benarkah anggapan ini? Dilansir dari boldsky.com, inilah beberapa fakta yang perlu Anda tahu tentang kanker darah atau yang lebih dikenal juga dengan leukimia.

Leukimia adalah jenis kanker yang mempengaruhi kesehatan sel darah, terutama sel darah putih. Kanker darah akan muncul akibat banyaknya sel darah abnormal yang ada di sumsum tulang. Ada dua jenis kanker darah yaitu kanker darah akut dan kanker darah kronis. Pria berisiko 31% lebih tinggi terkena kanker darah dibandingkan wanita.

Leukimia bukanlah jenis kanker yang mudah untuk dideteksi atau terlihat sejak awal. Bahkan terkadang penderitanya tidak menunjukkan gejala apapun di awal hingga akhir yang menyulitkan pengobatannya. Leukimia dikenal sebagai kanker pembunuh nomer satu pada anak-anak di bawah usia 14 tahun. Selain merokok, individu yang bekerja dengan paparan bahan kimia seperti formaldehid dan terpapar radiasi tertentu secara teratur lebih rentan untuk terkena leukimia.

Dari fakta di atas, maka semakin jelas terlihat bahwa leukimia merupakan silent killer yang membahayakan. Meski demikian, berikut beberapa tanda rahasia saat kanker darah muncul dalam tubuh Anda.

Kulit Pucat
Jika Anda memperhatikan warna kulit yang setiap hari semakin pucat tanpa alasan yang jelas, Anda harus melakukan tes kesehatan untuk mendeteksi leukimia. Sebabnya kanker ini akan menghambat pertumbuhan sel darah baru yang akhirnya membuat kulit berwarna pucat.

Pendarahan Berat
Pendarahan berat yang terjadi ketika menstruasi patut untuk Anda curigai. Sebab pendarahan ini bisa jadi gejala leukimia yang membuat rusaknya jaringan sel darah.

Mudah Lelah
Munculnya kanker di sel darah bisa membuat penderitanya mengalami kelelahan yang tidak dapat dijelaskan dan berlangsung secara ekstrim serta berkelanjutan.

Sering Infeksi
Jika Anda mengalami infeksi di tubuh, terutama yang menyangkut infeksi perut dan tenggorokan, maka ini bisa jadi tanda rahasia saat leukimia menyerang. Sebabnya sel darah putih yang rusak akibat sel kanker akan membuat sistem kekebalan tubuh melemah dan tubuh jadi mudah sakit.

Demam
Jangan remehkan demam yang terjadi. Saat demam yang kamu alami berlangsung dalam waktu lama dan suhu tubuh tinggi sekali, maka ini bisa menjadi tanda lain dari kanker darah.

Sesak Napas
Sesak napas yang muncul bahkan tanpa aktivitas fisik yang berarti sekalipun bisa menjadi gejala awal leukimia. Sebabnya sel darah mengalami degenerasi dengan cepat dan tubuh kehilangan energi.

Proses Penyembuhan yang Lama
Kanker darah mampu membuat penderitanya mengalami proses penyembuhan akan suatu penyakit dalam waktu yang lama. Sebabnya sel kanker membuat hampir tidak ada regenerasi sel darah yang menjadi modal dari proses pemulihan tubuh dari penyakit.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *