Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

KAI Commuter Operasikan Rute Angke-Rangkas

taufiqurokhman.com – Anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT KAI Commuter Jabodetabek menargetkan peningkatan jumlah penumpang sekitar 12 juta orang/tahun jika dibandingkan realisasi volume penumpang tahun sebelumnya.

Oleh sebab itu, Direktur Utama KCJ M. Nurul Fadhila mengatakan, pihaknya sedang memprogramkan dapat melayani 292 juta penumpang. “Kami ingin ada penambahan 12 juta orang per tahun jika dibandingkan realisasi volume penumpang tahun sebelumnya,” ujarnya, di Jakarta, Rabu (11/01/2017).

Lebih lanjut dikatakan Nurul Fadhila, pertumbuhan jumlah pengguna jasa juga dikarenakan adanya penambahan kapasitas angkut melalui perpanjangan rangkaian kereta tanpa menambah jumlah perjalanan. Hal ini dilakukan mengingat terbatasnya kapasitas lintas jalur rel. Hingga 2016, KCJ telah mengoperasikan 18 rangkaian dengan formasi 12 kereta dan 29 rangkaian dengan formasi 10 kereta.

Selain itu, untuk mengakomodir peningkatan jumlah pengguna jasa tersebut, kata dia, akan dilakukan perpanjangan rangkaian dengan formasi 12 kereta serta penggabungan KRL dengan formasi satu rangkaian delapan kereta. Salah satunya, pengoperasian KRL Angke-Rangkasbitung. “Kami akan lakukan perpanjangan wilayah operasi KRL pada awal tahun ini. Kereta akan beroperasi sampai ke Stasiun Rangkas Bitung,” akunya.

Bersamaan dengan pen­goperasian tersebut, maka Stasiun Angke juga akan dibuka kembali untuk pelayanan KRL. Untuk tahap awal, perjalanan KRL relasi Rangkas Bitung-Angke akan beroperasi sebanyak empat perjalanan. Saat ini, penumpang tujuan ke Stasiun Rangkas Bitung- Angke dilayani lima rangka­ian kereta lokal. Sehingga, dengan beroperasinya satu rangkaian KRL Commuter Line, maka jumlah kereta lokal yang beroperasi akan berkurang menjadi empat rangkaian. “Pengoperasian KRL ke Rangkas menggantikan ke­beradaan kereta api lokal se­cara bertahap mulai April sesuai Gapeka (Grafik Perjalanan KA) 2017,” terangnya.

Direktur Operasi dan Pe­masaran KCJ, Subakir me­nambahkan, volume penump­ang per hari lintas Rangkas Bitung-Angke sekitar 5.000 penumpang per hari pada hari kerja dan 9.000 penumpang per hari pada hari libur. “Target awal penumpang KRL antara 400 sampai 600 orang per harinya,” katanya.

Sementara itu, sarana KRL saat ini juga akan terus dilakukan modernisasi layanan khususnya terkait layanan informasi dan transaksi pengguna. Pihaknya telah mengoperasikan 50 unit vending machine yang tersebar di 13 stasiun. “Tahun ini kami akan menambah 400 unit mesin (vending machine) untuk semua stasiun jadi antrian pengguna di gate masuk dan keluar semakin lancar,” tandasnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *