Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Juara Piala AFF, Timnas Indonesia U-16 Cetak Sejarah

taufiqurokhman.com (Sidoarjo) – Tim Nasional Indonesia U-16 berhasil mencetak sejarah setelah meraih gelar Juara Piala AFF U-16 2018, Sabtu (11/08/2018) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Indonesia mengalahkan Thailand lewat adu penalti 4-3, setelah laga berakhir dengan skor imbang 1-1 pada babak normal.

Indonesia menguasai jalannya pertandingan, dengan persentase 54 berbanding 46. Indonesia unggul 1-0 hingga menit ke-72. Pada adu penalti, kiper Ernando Ari kemudian menjadi pahlawan dengan mementahkan eksekusi Apidet Janngam dan Pongsakorn Innet. Sementara empat algojo Indonesia, yakni Sutan Zico, Bagus Kahfi, Rendy Juliansyah, dan David Maulana mampu menunaikan tugas.

Alhasil, kemenangan ini membawa Indonesia meraih gelar untuk pertama kali dalam turnamen yang digelar sejak tahun 2002. Indonesia tercatat mengikuti kejuaraan tersebut sembilan kali. Berbeda dengan tahun lalu, pencapaian Indonesia berbanding terbalik. Indonesia yang ditangani Fakhri Husaini gagal melangkah ke fase knock-out pada turnamen yang digelar di Chonburi, Thailand.

Capaian terbaik Timnas Indonesia pada Piala AFF U-16 sebelumnya adalah mencapai final turnamen 2013. Sementara, Thailand masih berstatus pengoleksi gelar terbanyak bersama Thailand dengan tiga gelar (2007, 2011, 2015). Setelah meraih juara, Timnas Indonesia U-16 akan bersiap menjalani Piala AFC U-16 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, 20 September-7 Oktober 2018.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *