Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Jokowi Perintahkan Bappenas Pelajari Soal Pemindahan Ibukota

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Istana Kepresidenan menyebut wacana pemindahan ibukota dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sudah lama disuarakan. Bahkan hingga saat ini juga masih dalam tahap pengkajian.

Staf Khusus Presiden Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta mengatakan, wacana pemindahan ibukota muncul beberapa waktu lalu ketika Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Palangkaraya. “Wacana ini muncul ketika Presiden beberapa waktu lalu, bukan tahun ini ya, tahun kemarin, berkunjung ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Ada keinginan masyarakat di sana yang mengacu pada statement yang pernah dikeluarkan oleh Bung Karno, untuk menjadikan Palangkaraya sebagai Ibukota negara,” ujar Johan, Jumat (7/4/2017).

Akan tetapi, Johan Budi menegaskan, memindahkan ibukota bukan persoalan kecil melainkan membutuhkan kajian yang sangat mendalam. “Saya dengar menteri Bappenas sudah diminta untuk melihat peluang itu untuk mengkaji,” ujarnya.

Johan mengatakan, sempat ada keinginan termasuk dari masyarakat Palangkaraya sendiri untuk menjadikan wilayah itu sebagai ibukota negara karena letaknya yang berada di garis katulistiwa. Meski begitu, Johan menilai, Palangkaraya belum cukup siap. “Ya kalau soal siap enggak siap ya saya kira belum siaplah. Kalau memindahkan ibukota kan perlu bicara dengan DPR, bicara dengan macam-macam. Tapi wacana itu pernah muncul,” ujarnya.

Johan Budi menjelaskan, Jokowi masih memerintahkan kepada menteri Bappenas untuk mempelajari dan melakukan kajian terkait hal itu.

ant

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *