Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Jangan Pakai Masker Lebih dari 8 Jam

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Dokter spesialis paru RS Persahabatan dr Agus Dwi Susanto mengatakan masker sekali pakai untuk melindungi diri dari polutan hanya dapat dipakai maksimal delapan jam sejak dibuka dari kemasannya. “Dalam literatur disebutkan delapan jam untuk masker disposable karena bahan yang terfiltrasi menempel di masker dan menjadi sarang kuman,” ujar Agus Dwi Susanto di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Jika masker digunakan lebih dari delapan jam, kata dr Agus, maka justru dapat memicu infeksi karena kelembapan menyebabkan terjadinya penumpukan mikroorganisme. Masker tidak dapat dipakai berulang-ulang, meskipun setelah dikeluarkan dari kemasan belum dipakai lama.

Penggunaan masker, ucap Agus, merupakan upaya pencegahan primer dan sekunder untuk melindungi diri dari polutan yang dapat menurunkan kondisi kesehatan tubuh. Cara pemakaian masker yang betul dapat meningkatkan efektivitas dalam melindungi diri serta memaksimalkan kemampuan filtrasi masker. “Hasil dari pemakaian tidak bagus kemampuan filtrasi menurun, bisa dari samping gas bisa masuk,” tutur dia.

Sementara itu, Manajer Divisi Kesehatan Konsumen PT 3M Indonesia Yunadi Aulia mengatakan berdasarkan riset etnografi yang dilakukan perusahaan masker tersebut, terdapat beberapa persepsi yang salah dalam memakai masker. “Yang pertama masih banyak masyarakat yang memakai masker dibolak-balik. Padahal seharusnya tidak boleh dipakai bolak-balik,” tutur Aulia. Ia menyarankan pemakaian masker dilakukan sesuai instruksi mana lapisan luar dan dalam.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *