Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Jalan Penghubung di Lebak Longsor

taufiqurokhman.com (Lebak) – Ruas jalan yang menghubungkan antarkecamatan di Kabupaten Lebak longsor setelah dilanda hujan deras disertai angin kencang. “Kami minta pengemudi kendaraan yang menghubungkan antarkecamatan Leuwidamar-Bojongmanik-Cirinten-Gunungkencana hati-hati karena ruas jalan itu longsor,” kata Camat Leuwidamar Kabupaten Lebak Endi di Lebak, Senin (26/6/2017).

Ruas jalan yang longsor itu berlokasi di Kampung Kebon Kelapa RT10/RW03, Desa Lebak Parahiang, Kecamatan Leuwidamar. Jalan nyaris putus akibat longsor. Saat ini jalan hanya bisa dilintasi angkutan kecil. Sebab kedalaman longsoran tanah itu hanya tersisa dua meter dari total badan jalan selebar lima meter.

Selain itu, juga rumah warga ambruk setelah hujan deras disertai angin kencang di daerah itu. Bahkan, puluhan rumah di Desa Lebak Parahiang tergenang banjir dengan ketinggian satu meter akibat meluapnya Sungai Cisimeut. “Kami minta warga mewaspadai cuaca buruk itu,” katanya.

Menurut Camat, selama ini wilayah Kecamatan Leuwidamar dipetakan sebagai daerah banjir dan longsor karena lokasinya berada di perbukitan dan pegunungan serta daerah aliran sungai. Ia mengimbau pengendara angkutan yang melintasi antarkecamatan mewaspadai pergerakan tanah sehubungan curah hujan di daerah itu cenderung meningkat.

Untuk menghindari kecelakaan, pihaknya memberikan tanda di lokasi longsoran tanah agar pengemudi berhati-hati saat melintasi jalan tersebut. “Kami sudah melaporkan longsor yang menimpa ruas jalan antarkecamatan itu ke kabupaten agar ditindaklanjuti dengan pembangunan karena akses ekonomi masyarakat,” katanya.

Post Author
admin123
Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *