Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Jakarta Sedang dalam Kemiskinan Saat Anis-Sandi Memerintah

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Program OK OCE yang ditawarkan pasangan Anies-Sandi sangat dinantikan implementasinya mengingat masih tingginya ketimpangan di Jakarta. Ini artinya, Anies-Sandi diwarisi kondisi kemiskinan warga Jakarta yang sedang meningkat.

Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Eko Listiyanto mengatakan sumber ketimpangan sosial di DKI Jakarta salah satunya adalah lapangan kerja yang layak masih terbatas. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Maret 2017 tercatat ketimpangan sosial di DKI sebesar 0,41 persen dari Gini Ratio.

Data BPS menyebut Penduduk miskin di Jakarta masih sebesar 389,69 ribu orang atau sebesar 3,77 persen dari seluruh total masyarakat DKI Jakarta. Dibandingkan dengan September 2016 masyarakat miskin tercatat 385,84 ribu orang atau 3,75 persen. Angka ini menunjukkan jumlah penduduk miskin meningkat sebesar 3,85 ribu atau meningkat 0,02 poin.

Eko menyatakan solusi untuk saat ini adalah dengan mengakselerasi program OK OCE yang populer sewaktu kampanye dijanjikan Gubernur baru. Menurut dia, program ini sudah dikenal warga DKI dan pasti sangat dinanti-nanti implementasinya secara lebih masif. “Terutama bagi pelaku usaha UMKM dan anak-anak muda yang merintis dunia digital dan ekonomi kreatif,” ujar Eko, Rabu (18/10/2017).

Menurutnya, program jangka panjang Gubernur baru terpilih Anies – Sandi dalam menggalakkan ketimpangan sosial adalah menjaga keberlanjutan program-program kewirausahaan. Tujuannya agar warga DKI dapat bekerja secara layak.

Di samping itu, kata dia, meningkatkan upaya mendorong keterlibatan usaha-usaha atau pengusaha besar di DKI juga perlu dilakukan. “Kan bisa melalui dana-dana CSR untuk fokus pada upaya menurunkan tingkat ketimpangan di DKI, juga penting untuk dilakukan,” ujarnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *