Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Ini Dia 5 Crazy Rich Asal Indonesia

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Film Crazy Rich Asians tengah menjadi perbincangan dunia. Film yang berkisah tentang wanita sederhana menikahi pria kaya raya ini disebut ‘representasi’ dari Asia. Film ini lantas membuat orang-orang langsung mencari tahu siapa sebenarnya orang terkaya di negaranya.

Bagaimana dengan di Indonesia yang merupakan tetangga Singapura? Ternyata, kekayaan miliarder Indonesia justru lebih besar dibanding sosok yang ada di film tersebut. Berdasarkan data Bloomberg Billionaire Index, kekayaan tiga miliarder terkaya di Indonesia jauh di atas orang terkaya Singapura. Tiga orang terkaya RI adalah Budi Hartono (posisi 112), Eka Wijaja (posisi 123), dan Michael Bambang Hartono (posisi 127).

Beralih ke Singapura, miliarder terkaya di Negeri Singa itu adalah Wee Cho Yaw, mantan pemimpin United Overseas Bank (UOB). Di antara para miliarder Indonesia, berikut daftar Crazy Rich Indonesians berdasarkan data Globe Asia pada 2018.

1. Keluarga Hartono
Harta: USD 21 miliar (Rp 312,2 triliun)

Posisi nomor satu dipegang oleh Keluarga Hartono: Robert (Oei Hwie Tjhong) dan Michael Bambang Hartono (Oei Gwie Siong). Bahkan, menurut Bloomberg Billionaires Index, keduanya mengalahkan orang terkaya di Singapura. Mereka adalah pendiri Djarum. Mereka tak hanya aktif di bisnis tembakau, tetapi juga di perbankan dan telekomunikasi. Bambang Hartono sempat ramai dibicarakan publik Indonesia karena berpartisipasi pada event Asian Games 2018 sebagai atlet bridge. Dia berhasil menyumbangkan medali perunggu.

2. Eka Tjipta Widjaja
Harta: USD 13,9 miliar (Rp 206,6 triliun)

Sinar Mas Group yang dipimpin Eka Tjipta Widajaja (Oei Ek Tjhong) memiliki reputasi sebagai salah satu raja minya sawit, pulp, dan paper di Indonesia. Lebih mengesankan lagi, ternyata Eka Tjipta Widjaja hanyalah lulusan SD. Lahir dalam keadaan miskin di Provinsi Fujian pada 1922, ia dan keluarganya hijrah ke Makassar saat usianya 9 tahun. Di sana, Eka membantu bisnis yang dibangun sang ayah.

3. Anthoni Salim
Harta: USD 11,5 miliar (Rp 170,9 triliun)

Suka Indomie? Inilah Anthony Salim (Liem Hong Sien) pria yang memimpin Indofood. Ayahnya adalah Sudono Salim, akrab dikenal sebagai Om Liem, pendiri dari Grup Salim yang merupakan induk dari Indofood Sukses Makmur. Anthony juga memimpin First Pacific. Bermarkas di Hong Kong, First Pacific adalah penyedia jasa keuangan, dan berfokus pada bisnis makanan, infrastruktur, Sumber Daya Alam (SDA), dan telekomunikasi.

4. Susilo Wonowidjojo
Harta: USD 11 miliar (Rp 163,5 triliun)

Susilo Wonowidjojo (Cai Daoiping) adalah putra ketiga dari Surya Wonowidjojo, pendiri Gudang Garam. Dalam sepak terjang Gudang Garam, salah satu inovasi Susilo adalah memperkenalkan pembuatan rokok modern serta memperkenalkan produk rokok mild. Pabrik-pabriknya sekarang berkembang di seluruh Kota Kediri dan Pasuruan.

5. Chairul Tanjung
USD 4,6 miliar (USD 6,8 triliun)

Julukannya memang sederhana, yaitu Anak Singkong, dan ternyata dia adalah salah satu Crazy Rich Indonesia. Seperti diketahui, CT terkenal dengan bisnis di bidang media dan ritel. Chairul Tanjung sempat disebut sebagai Ketua Tim Kampanye Joko Widodo, meski posisi itu akhirnya jatuh ke Erick Thohir.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *