Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Ibu Menyusui Jangan Terlalu Banyak Makan Daging Bersantan

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Idul Adha yang juga kerap disebut Hari Raya Qurban merupakan hari raya di mana ummat Muslim yang sudah mampu menunjukkan ketaatannya kepada Allah dengan menyembelih hewan. Pada momen inilah tampak banyak orang yang lupa untuk membatasi konsumsi daging, baik kambing maupun sapi. Tak terkecuali bagi ibu menyusui yang ingin mencicipi kelezatan berbagai olahan daging khas Idul Adha.

Tapi, bolehkah seorang ibu yang tengah menyusui mengonsumsi daging kambing atau sapi? Karena seperti yang diketahui, setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu akan ditransformasikan menjadi nutrisi bagi anak yang disalurkan melalui Air Susu Ibu (ASI). “Jadi yang sangat dipengaruhi makanan lebih pada kandungan asam lemak dan mikronutrien, jadi memang betul makanan yang dimakan akan memengaruhi asam lemak,” ucap dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, dokter spesialis gizi klinis, baru-baru ini di Jakarta.

Ia memaparkan, dalam hidangan Lebaran, baik Idul Adha maupun Idul Fitri, seringkali banyak mengandung santan. Sedangkan santan itu sendiri dikenal sebagai bahan yang kaya akan asam lemak jenuh. “Dikhawatirkan akan tinggi asam lemak jenuh, padahal yang baik itu asam lemak tidak jenuh. Idealnya memang mengikuti panduan seperempat piring karbohidrat, seperempat piring protein, dan setengah piring sisanya sayur-sayuran,” ujarnya menambahkan.

Oleh karena itu, jika memang tetap ingin mengonsumsi daging tersebut, ibu menyusui juga tidak boleh meninggalkan pendampingnya, seperti misalnya acar. “Biasa kalau makan yang bersantan ada acar. Jadi serat larut itu menurunkan absorbsi lemak jadi diimbangkan, kemudian perbanyak asupan buah buahan.”

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *