Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Hari Ini Wiranto Terbitkan Perppu Pembubaran Ormas

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Juru Bicara Presiden Johan Budi Sapto Prabowo mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Organisasi Kemasyarakatan dan menyerahkan langkah selanjutnya kepada Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. “Tadi jawaban Presiden, kemungkinan besok akan disampaikan Pak Menko Polhukam,” ujar Johan di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (11/7/2017)

Sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Proses pembubaran terus dibahas pemerintah dengan mempertimbangkan berbagai langkah. Penerbitan perppu diklaim bakal mempercepat proses pembubaran sebuah ormas. Jokowi pun menyerahkan langsung proses pembubaran HTI kepada Wiranto.

Agus HermantoSebaliknya, pemerintah harus menempuh proses panjang untuk mengukuhkan pembubaran apabila mengacu Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas, seperti mengajukan ke pengadilan. Pihak Istana menyatakan, Perppu ini nantinya memudahkan pemerintah dalam membubarkan ormas yang tidak sesuai dengan ideologi negara.

Pada kesempatan terpisah, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan nantinya, setelah perppu Organisasi Kemasyarakatan diterima oleh DPR, mereka akan membahas terkait isi dari perppu tersebut dalam satu kali masa sidang. Pembahasan tersebut untuk menentukan apakah diterima atau tidak perppu pembubaran ormas radikal itu. “Mungkin dibacakan dulu, baru disampaikan ke DPR. Setelah itu dibahas di DPR. Kan perppu itu nanti harus dibahas dalam satu kali masa sidang paling lama untuk menentukan diterima atau ditolak,” kata Agus di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (11/7/2017).

Agus belum mengetahui isi perppu tersebut. Politikus Partai Demokrat tersebut menunggu masuknya perppu ke DPR untuk berkomentar lebih lanjut. “Kita tunggu saja dulu, kita liat perppu-nya seperti apa, bunyinya seperti apa. Selain itu, perppu harus sampai ke DPR dulu baru kita bisa bahas. Kalau kita sekarang ini belum ada barangnya, masak kita mau omongin,” lanjutnya.

dari berbagai sumber

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *