Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Hama Wereng Serang Lagi Puluhan Ribu Hektare Sawah Petani Jatim

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Ribuan hektare sawah di Jawa Timur diserang hama wereng. Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) Henry Saragih mendapat laporan bahwa hama tersebut telah menyerang sedikitnya 30 ribu hektare sawah milik petani. Meski begitu, dia belum dapat memastikan seberapa jauh dampak dari serangan hama serangga tersebut. “Kalau soal berapa penurunan produksi belum tahu. Tapi biasanya hama wereng ini bisa berpengaruh ke produksi,” ujarnya, Rabu (13/9/2017).

Anggota SPI Jawa Timur Kusnan yang dihubungi secara terpisah membenarkan adanya hama wereng yang menyerang ribuan hektare sawah petani. Menurutnya, petani merugi karena hama wereng menyebabkan banyak lahan sawah gagal panen. “Biasanya satu hektare itu bisa mendapat dapat Rp 20 juta. Ini cuma dapat Rp 6 juta. Jauh banget,” kata dia.

Wereng dalamDemi menghindari hama tersebut, kata Kusnan, petani beramai-ramai mengganti tanam dari padi menjadi palawija sejak sebulan lalu. Sebab, menurutnya, serangan hama tersebut akan hilang jika berganti tanaman.

Untuk diketahui, wereng merupakan sebutan umum untuk serangga penghisap cairan tumbuhan anggota ordo Hemiptera (kepik sejati), subordo Fulgoromorpha, khususnya yang berukuran kecil. Tonggeret pernah digolongkan sebagai wereng (di bawah subordo Auchenorrhyncha) namun sekarang telah dipisah secara taksonomi. Karena eksklusif hidup dari tumbuhan, sejumlah anggotanya menjadi hama penting dalam budidaya tanaman. Selain sebagai pemakan langsung, wereng juga menjadi vektor bagi penularan sejumlah penyakit tumbuhan penting, khususnya dari kelompok virus.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *