Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Hai Mahasiswa, Begini Caranya Mengatur Uang yang Baik!

Taufiqurokhman.com – Memang tak bisa dipungkiri menjadi seorang mahasiswa tak semudah apa yang dibayangkan, terutama soal mengelola keuangan. Apalagi kalau mahasiswa tersebut jauh dari rumah, sudah pasti pengeluarannya akan membengkak, misalnya saja seperti untuk biaya sewa kosan, makan sehari-hari, biaya semesteran dan biaya tak terduga lainnya.

Nah, supaya kamu tidak kekurangan uang, kamu harus bisa mengaturnya. Bagaimana caranya? Simak caranya berikut ini:

1. Menyusun Anggaran Bulanan

Jadi kamu harus punya susunan anggaran bulanan kamu. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mengelola pengeluaran kamu. Pokoknya, utamakan dulu kebutuhan pokok kamu ya, misalnya saja seperti biaya makan, biaya kos, biaya transportasi.

2. Selalu Konsisten

Kamu harus selalu konsisten ketika kamu bikin sebuah perencanaan seperti poin pertama di atas tadi. Pokoknya, kamu harus selalu mematuhi semua anggaran yang telah disusun sebelumnya deh. Selalu cek juga ya secara berkala, supaya anggaran tersebut bisa berjalan dengan benar dan tepat.

3. Dana Tabungan dan Kebutuhan Dipisah

Jangan lupa uang tabungan dengan kebutuhan kamu itu harus dipisah ya. Selama uang kebutuhan masih ada, jangan sesekali kamu menyentuh uang tabungan kamu kalau tidak terlalu perlu banget.

4. Hemat dan Sehat

Karena kamu jauh dari rumah, maka kamu harus mengerapkan pola hidup hemat dan sehat. Jangan makan di sembarang tempat. Jadi intinya, cari makan yang bersih, murah dan makanan sehat.

5. Hindari Hutang

Pokoknya, sebisa mungkin kamu harus bisa menghindari yang namanya hutang. Karena hutang ini nantinya akan menambah beban bagi keuangan kamu. Makanya, itulah fungsinya kamu harus memiliki dana tabungan.

Nah, itulah tadi 5 cara terbaik untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa. Semoga bermanfaat ya.

 

Dr. Taufiqurokhman, M.Si merupakan seorang mantan DPRD Banten. Kini beliau bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *