Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Hadiah Tahun Baru PLN Bagi Warga Desa di Sulut

taufiqurokhman.com – Impian warga desa Paisulelang untuk memperoleh kembali layanan listrik terwujud sudah Setelah PLN memberikan layanan jaringan listrik ke desa di Sulawesi Utara tersebut sejak akhir tahun lalu. Masuknya listrik ke desa tersebut akhir tahun lalu, menjadi kado Tahun Baru PLN bagi warga setempat.

Sebelumnya sejak tahun 2000 setelah terkena bencana alam gempa bumi, warga desa Paisulelang hidup tanpa merasakan aliran listrik selama 16 tahun lamanya. Masuknya listrik ke desa tersebut akhir tahun lalu, menjadi kado Natal dan Tahun Baru bagi warga dari PLN. Selain masih itu ada desa lain yang memperoleh pasokan listrik seperti Bahari Makmur, Dusun Tiga Lompongan di Luwuk serta Desa Perjuangan.

Peresmian layanan jaringan listrik tersebut dilakukan GM PLN Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo Baringin Nababan, Rabu (20/2) melalui siaran persnya. Menurutnya, saat ini tedapat 50 Desa yang ditargetkan memperoleh aliran listrik pada tahun 2017. Kini sudah ada beberapa desa yang memperoleh aliran listrik sejak akhir 2016.

Kegiatan tersebut bersamaan dengan peresmian rumah warga Komunitas Adat Terpencil oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Sebagai bentuk rasa syukur PLN juga turut memberikan bantuan CSR melalui program PLN Peduli berupa 65 set kompor gas siap pakai untuk warga Komunitas Adat Terpencil Desa Perjuangan. “Pemberdayaan bukan hanya tugas kementerian saja, namun kita semua harus peduli,” kata Khofifah.

Desa Perjuangan sendiri merupakan pemekaran dari Desa Posilagon sejak empat tahun lalu. Terletak di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Dengan populasi penduduk sekitar 311 jiwa. Luas wilayah pemukiman mencapai 7 kilometer, mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Masyarakat desa Perjuangan terlihat sangat antusias dengan adanya program perluasan jaringan PLN. Masyarakat membantu menebang pohon untuk memperluas jaringan listrik.

PLN bertekad menerangi seluruh negeri hingga pelosok desa yang masih terpencil. Harapanya di tahun 2017 ini PLN dapat menerangi desa-desa lainya di Sulawesi Utara. PLN akan terus berusaha agar dapat menjangkau layanan

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *