Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Gili Iyang, Pulau Berkadar Oksigen Tinggi

taufiqurokhman.com (Sumenep) – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, diketahui memiliki salah satu destinasi yang unik dan tak bisa ditemukan di daerah lain. Destinasi itu ialah Pulau Gili Iyang. Destinasi ini diketahui memiliki daya pikat sebagai wisata kesehatan, karena memiliki kadar oksigen tertinggi di dunia, setelah Yordania yakni 21,5 persen. Hal ini membuat udara yang ada di pulau ini terasa sejuk layaknya seperti berada di ruangan ber-AC.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep Sufiyanto mengatakan, tingginya kadar oksigen tersebut hingga kini masih diteliti oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan lembaga terkait untuk mengetahui asal dari tingginya kadar oksigen tersebut. Namun, banyak yang berspekulasi bahwa tingginya kadar oksigen itu akibat kawasan tersebut akibat memiliki banyak gua. Setidaknya ada tujuh gua di lokasi tersebut.

Saking tingginya kadar oksigen, kata dia, pulau itu pun disebut sebagai pulau yang awet muda. Terbukti di pulau ini terdapat beberapa orang tua yang hidup hingga usia 130-an tahun. Tingginya kadar oksigen di kawasan ini pun menarik banyak wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara terutama asal China.

Gili Iyang daslamMereka datang hanya untuk menikmati fasilitas oksigen yang dijadikan sebagai media terapi menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan pernapasan. “Tak hanya itu, ada juga waktu itu ada orang, yang maaf ‘lumpuh’ datang untuk terapi di sini. Di tempat ini pun ada komunitas yang nantinya akan mengakomodir wisatawan yang ingin wisata kesehatan ini,” ungkapnya saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa, 5 Desember 2017.

Untuk menuju ke Gili Iyang, wisatawan bisa menuju ke Pelabuhan Dungkek, Sumenep. Dari situ Anda bisa menyewa kendaraan di kawasan pelabuhan untuk menuju titik oksigen terbaik di Desa Bancamara. Pihaknya pun diketahui telah menyiapkan homestay atau rumah warga untuk disewakan. Wisatawan yang ingin menyewa rumah warga tak perlu khawatir tidak akan nyaman. Sebab, rumah warga tersebut layaknya hotel berbintang. “Ini dilakukan untuk menyambut wisatawan. Kita juga sudah melakukan sosialisasi penyiapan mental dengan kesadaran mental, untuk menyambut wisatawan itu sudah beberapa tahun ini kita lakukan,” ucapnya.

Di daerah ini pun Anda bisa menemukan beberapa lokasi wisata, seperti Pantai Batu Cangge, Pantai Ropet, Gua Air, Gua Sarepa, fosil ikan paus dan lain-lain.

Post Author
admin123
Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *