Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Garut Dorong Pengembangan Desa Wisata

taufiqurokhman.com (Garut) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, mendorong pemerintah desa dan masyarakatnya untuk mengembangkan potensi desa wisata dengan menonjolkan keunggulan daerah sebagai upaya menarik minat masyarakat untuk berwisata ke Garut. “Saya tugaskan Disparbud (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) agar dikoordinasikan potensi apa saja yang sudah ada di setiap desa,” kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Minggu (30/4/2017).

Helmi Budiman menuturkan, Kabupaten Garut terus berupaya mengembangkan potensi daerah salah satunya sektor pariwisata. Menurut dia, banyak potensi desa yang perlu dikembangkan menjadi desa wisata sehingga menambah destinasi wisata baru di Garut. “Di Garut ini banyak potensi wisata alam yang baik untuk dieksplorasi,” katanya.

Ia berharap dukungan pemerintah daerah itu dapat diawali dengan semangat inisiatif aparat desa dan masyarakatnya untuk membangun desa wisata. “Selain dorongan dari pemda harus adanya inisiatif masyarakat yang mendorong terbentuknya desa wisata,” katanya.

Helmi menambahkan, jika masyarakat sudah serius maka pemerintah akan memberikan program pelatihan kemampuan mengelola potensi desa dalam pengembangan wisata. Selanjutnya, kata Helmi, pemerintah akan membenahi infrastrukturnya agar akses serta sarana dan prasarana di desa wisata itu lebih nyaman. “Kita lihat dari mulai infrastrukturnya apakah perlu dibenahi atau tidak, saya ingin jalan dulu, ekonomi masyarakatnya berjalan dulu,” katanya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *