Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Fidget Spinner Meladak, Komisi Keamanan AS Lakukan Penyelidikan

taufiqurokhman.com (Washington) – Setelah kabar meledaknya fidget spinner yang dimainkan oleh anak-anak, Komisi Keamanan Produk Konsumen (CSPC) Amerika Serikat (AS) mengeluarkan pernyataan terkait kehati-hatian saat memainkan mainan populer tersebut. Berdasarkan pernyataan yang dirilisnya, fidget spinner dapat menimbulkan risiko ledakan dan membuat anak kecil tersedak, seperti dilansir Slash Gear, Jumat (11/8/2017).

Fidget spinner sebagaimana diketahui merupakan permainan sederhana yang banyak digandrungi oleh anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Fidget spinner memang populer, namun selama beberapa bulan terakhir tampak agak mereda karena beberapa mainan tersebut telah menyebabkan beberapa masalah bagi pengguna.

Tak hanya banyak dimainkan pengguna, fidget spinner turut dimanfaatkan perusahaan untuk meraup pundi dana. Produsen mulai menciptakan pemintal yang sederhana yang dilengkapi dengan Bluetooth yang dapat dihubungkan ke smartphone untuk memantau tingkat putaran fidget spinner dan lainnya. Namun sayang, kurangnya pengawasan telah mengakibatkan dampak negatif bagi sekelompok pengguna.

Fidget Spinner dalamBeberapa asal usul kualitas produk dari produsen yang berdampak negatif itu patut untuk dipertanyakan. Dalam satu kasus, seorang anak melaporkan fidget spinner Bluetooth mereka terbakar dan meledak setelah mengisi daya permainan itu selama sekira 40 menit. Masalahnya bermula dari konstruksi yang buruk, ditambah dengan baterai li-ion volatile di dalamnya.

Laporan tersebut mengakibatkan Komisi Keselamatan memulai penyelidikan dan sementara fidget spinner itu tak ditindak. CPSC menasihati pengguna atau orangtua agar mereka hadir di ruangan saat fidget spinner diisi ulang. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk mengambil tindakan jika perangkatnya mengalami kerusakan dan terbakar. Selain itu, orangtua juga diberi peringatan untuk menyimpan mainan dari anak-anak yang kemungkinan tersedak dengan komponen kecil dari fidget spinner, yang terlepas saat mainan tersebut dipatahkan.

Sebagaimana diketahui, fidget spinner merupakan permainan yang dipatenkan oleh Catheria A Hettinger pada 1996. Permainan ini sendiri awalnya diciptakan untuk mengurangi rasa stres pada pemainnya agar tidak menggigit kuku atau sekadar menghilangkan rasa bosan. Namun tak disangka permainan yang hanya dimainkan dengan cara yang sederhana ini mampu mendulang kesuksesan bahkan populer di berbagai belahan dunia.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *