Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Enam Manfaat Sehat Cengkih

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Cengkih atau syzygium aromaticum atau yang dalam bahasa Inggris disebut cloves bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Tumbuhan rempah beraroma khas ini merupakan tanaman asli Indonesia dan banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa. Cengkih juga dimanfaatkan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Selain manfaat tersebut di atas, cengkih juga memiliki sifat sebagai obat. Alasan itulah yang membuat sebagian orang menjadikan cengkih sebagai campuran minuman kesehatan atau jamu. Berikut manfaat cengkih untuk kesehatan.

Meringankan Peradangan dan Menghilangkan Bau Mulut
Cengkih dalamDalam cengkih terdapat sifat antibakteri yang ampuh mengurangi pertumbuhan mikroba dalam mulut. Kunyah cengkih lalu kumur-kumur hingga bersih, dijamin bau mulut akan lenyap. Kandungan antioksidan dan berbagai zat lainnya yang mampu membunuh kuman pada cengkeh ini bisa jadi alternatif untuk membantu meringankan infeksi saluran pernafasan. Rasa hangat pada cengkeh bisa jadi ekspektoran untuk membantu menyembuhkan gangguan pernafasan.

Mengatasi Mual dan Muntah
Beberapa kandungan pada cengkeh sanagt baik bagi mereka yang mengalami masalah mual dan muntah. Cengkeh dan minyak cengkeh dapat menjadi solusi bila kalian sedang mengalami masalah ini.

Mengatasi Mual dan Muntah
Perut terasa tidak nyaman karena mual dan muntah? Minum madu bersama cengkih, karena dalam cengkih terdapat sifat anestesi yang berkhasiat mencegah naiknya asam lambung sehingga mual dan muntah dapat dihindarkan. Menjaga kesehatan pencernaan. Konsumsi cengkeh bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan, dari mulai mengurangi gas dalam perut, meningkatkan pergerakan usus, dan mengobati sembelit.

Mengobati Sakit Gigi
Cengkeh dikenal dapat membantu mengobati sakit gigi. Kandungan pada cengkeh dipercaya bisa menjadi antibiotik untuk membunuh bakteri-bakteri yang ada pada gigi. Caranya sederhana, tempelkan kapas yang telah dimasukan ke dalam minyak cengkeh kemudian tempel di bagian gigi yang terasa sakit.

Menyehatkan Jantung
Kandungan eugenol pada cengkeh sangat baik bagi kesehatan jantung. Eugenol mampu mencegah pembekuan darah sehingga aliran darah bisa mengalir dan lancar. Darah yang lancar sangat baik bagi kesehatan jantung dan mencegah terkena penyakit jantung bahkan stroke.

Anti Bakteri dan Jamur
Eugenol dikenal sebagai antiseptik alami. Kandungan eugenol pada cengkeh juga baik bagi kesehatan kulit. Sifat anti bakteri dan jamur nya mampu mengatasi beberapa penyakit kulit yang di sebabkan oleh jamur. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus beberapa cengkeh, ambil airnya dan oleskan pada bagian kulit yang terinfeksi. Setelah beberapa saat bilas dengan air bersih.

dari berbagai sumber

Post Author
admin123
Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *