Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Ekonomi Politik Harus Dapat Tentukan Kesejahteraan Masyarakat

taufiqurokhman.com (Bandung) – Pemerintah, sebagai kekuasaan tertinggi harus mampu membuat strategi politik dan sistem ekonominya yang berorientasi pada kesejahteraan dan perlindungan masyarakat. Hal iu disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Dr. Taufiqurokhman, M.Si., pada Advance Training Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Institut Teknologi Bandung, Kampus Jatinangor, Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/02/2019).

Dikatakannya, tujuan hidup manusia adalah untuk mencapai kesejahteraan yang bisa dimaknai dengan kondisi tercukupi kebutuhan dasar, dapat mengakses semua layanan, serta suasana ideal untuk mengatualisasikan diri dalam kondisi aman, tertib, dan rukun. Dan untuk dapat mewujudkan semua itu, katanya, maka manusia dituntut untuk melakukan kegiatan ekonomi dalam bentuk produksi barang dan jasa. “Itu sebabnya pemerintah harus bisa membentuk cara dan aturan produksi, distribusi dalam suatu ikatan politik sebagai kuasa. Hal inilah yang akan menjamin hasilnya bisa mengarah pada kesejahteraan seluruh masyarakat,” jelas Taufiq.

Lebih jauh Taufiqurokhman yang juga alumni HMI ini mengatakan, ekonomi politik harus berfokus pada bagaimana sebuah negara memiliki proses politik yang relevan dengan distribusi kekayaan serta bagaimana sebuah keputusan dan kepentingan politik mempengaruhi kegiatan ekonomi. “Dalam hal ini, kehadiran dan interaksi negara dengan pasar biasa mengatur kegiatan manusia secara alami. Dengan demikian ekonomi politik akan tercipta,” paparnya.

Oleh sebab itu, kata Taufiqurokhman, salah satu yang harus dilihat dari segi pendekatan ekonomi politik adalah bagaimana mekanisme pasar yang di dalamnya terbentuk harga. Pada akhirnya, perputaran ekonomi tersebut akan berjalan seiring dengan adanya penawaran, permintaan, dan pendistribusian dengan arahan kebijakan pemerintah. “Jadi, pemerintah ikut serta dalam rangka membuat aturan tentang produksi dan distribusi serta melaksanakan monitoring secara teratur dalam mekanisme yang ada. Dengan demikian, ekonomi politik yang telah dijalankan oleh sebuah kekuasaan dapat menentukan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh,” pungkas Taufiqurokhman.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *