Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Eko Subowo, Alumni FISIP Moestopo Dalantik Jadi Pj Gubernur Sumut

taufiqurokhman.com (Medan) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Eko Subowo menjadi Pj Gubernur Sumatera Utara. Pelantikan dilakukan seiring berakhirnya masa jabatan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Hj Nurhajizah Marpaung pada sisa masa jabatan 2013-2018.

Pelantikan dilakukan di kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Pangeran Diponergoro, Medan, Jumat (22/06/2018). Pelantikan Eko Subowo digelar di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara dengan dihadiri oleh unsur FKPD Provinsi Sumatera Utara dan para pejabat utama Pemprov Sumatera Utara.

Eko Subowo yang pernah menjadi dosen sekaligus alumni Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), sebelumnya merupakan pejabat Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri. Ia akan menjabat sebagai Pj Gubernur Sumut hingga dilantiknya gubernur definitif hasil Pilgubsu 2018.

Pada pelantikan tersebut, mantan Gubsu Tengku Erry Nuradi memamerkan beberapa pencapaian yang diperolehnya selama memegang pucuk pimpinan di provinsi yang memiliki penduduk terbesar ke 4 di Indonesia. Salah satunya, perolehan opini WPT (Wajar Tanpa Pengecualian) selama 4 tahun berturut-turut. “Sejak 2004, empat tahun terakhir secara berturut-turut Pemerintah Sumatera Utara berhasil mendapatkan opini WTP dari BPK. Selain itu, tahun 2017, Pemprovsu mendapat penilaian hijau dari Ombudsman Sumut tentang pelayanan publik. Sebelumnya hanya zona merah atau kuning,” ujar Erry.

Bukan hanya itu, Pemprov Sumatera Utara juga berkomitmen mengelola anggaran secara terbuka dan transparan. “Tiga tahun terakhir KPK mengawasi penggunaan anggaran melalui Kosupgah, itu kami tindaklanjuti dengan menerapkan e-goverment,” jelasnya.

Meski begitu, pencapaian itu dianggapnya belum maksimal, karena masih bisa ditingkatkan lagi. “Kepada Pak Eko semoga ini bisa lebih baik,” harapnya.

Kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut terpilih nanti, Tengku Erry berpesan agar bisa membawa Provinsi Sumut ke arah yang lebih baik dan mampu bersaing dengan 34 provinsi lain yang ada di Indonesia. “Saya menjadi Plt gubernur 9 bulan, gubernur defenitif 2 tahun 1 bulan, sebelumnya menjabat wakil gubernur. Pasti ada kekurangan selama ini, kami memohon maaf,” tuturnya.

Penjabat Gubernur Sumut, Eko Subowo sendiri terlihat serius mendengar apa yang disampaikan pendahulunya itu. Turut hadir dalam pelantikan ini, Forkompinda Sumut dan bupati/wali kota se-Sumut.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *