Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

E-Commerce Tumbuh Pesat dan Bisa Jadi Sumber Ekonomi Baru

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Dalam lima tahun terakhir Indonesia sedang mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi. Tetapi, kondisi tersebut tak dirasakan oleh industri e-commerce yang justru semakin pesat tumbuh di tengah perlambatan ekonomi. Kondisi tersebut, tentunya juga diyakini membuat industri e-commerce dapat menjadi sumber pertumbuhan baru dan tulang punggung perekonomian Indonesia di masa depan.

Wakil Ketua Umum Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Arif Budimanta, menegaskan, dalam potensi tersebut tentunya pemerintah harus memanfaatkan teknologi dalam pembangunan ekonomi. Kondisi ini, ia menekankan, karena melihat banyak pusat-pusat perbelanjaan yang menutup tokonya dan beralih ke sistem jual beli online. Terlebih, Indonesia kini memasuki era digital ekonomi. “Manfaatkan telepon genggam untuk basis ekonomi digital ke depannya. Kalau dilihat, jumlah pengguna telepon genggam saja sudah melebihi populasi Indonesia, ini harus ditransformasikan ke aktivitas yang produktif,” kata Arif di Jakarta, Sabtu (5/7/2017).

Selain itu, lanjut Arif, guna mendukung meningkatnya sumber pertumbuhan baru tersebut tidak ada salahnya bagi pemerintah memberikan insentif untuk sektor e-commerce. Menurut dia, tak hanya untuk mencari informasi dan chatting, masyarakat di kota-kota besar kini menjadikan internet, terlebih lagi e-commerce, sebagai bagian dari gaya hidup mereka.

Perilaku konsumtif dari puluhan juta orang kelas menengah di Indonesia menjadi alasan, mengapa e-commerce di Indonesia akan terus berkembang. “Saat ini, pasar e-commerce sudah memiliki kapitalisasi yang lebih besar bila dibandingkan dengan pasar konvensional. Nah, untuk mendukung pengembangan ekonomi digital tersebut, masyarakat harus dikenalkan dengan alternatif investasi selain melalui tabungan di perbankan,” ucapnya.

Terlebih, kebanyakan pelaku bisnis e-commerce di Tanah Air berskala kecil dan menengah (UKM). Melalui industri e-commerce, UKM diharapkan dapat terus berkembang dan mendukung perekonomian Indonesia, dengan diprediksi menjadi kekuatan ekonomi baru dunia pada 2020.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *