Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Dualisme Pemikiran Ridwan Kamil

“Think Globally Act Locally” berpikir global berperilaku lokal, adalah aktualisasi kepemimpinan yang merepresentasikan sosok Ridwan Kamil.

Budaya menjadi suatu yang kurang memperoleh panggung, seiring perkembangan zaman. perkembangan informasi membuat budaya lokal tersisih oleh kebudayaan asing. Padahal jika di maknai lebih dalam kebudayaan lokal banyak menyimpan nilai-nilai positif.

Diperlukan sosok pemimpin yang mampu memilah dan memperjuangkan budaya-budaya lokal yang baik, yang menjadi identitas dan jati diri bangsa. Seperti etika, bahasa, seni tradisional dll.

Sosok itu muncul dalam diri Ridwan Kamil, sebagai sosok modern yang masih menjaga dan melestarikan budaya lokal, yang menjadi jati diri orang sunda.

Program yang ia jalankan selama memimpin Kota Bandung, Rebo Nyunda, Jaga Lembur, adalah bagian dari upayanya untuk menjaga agar generasi milenial mengenal dan melestarikan budaya lokal.

Kepedulian Ridwan Kamil terhadap kebudayaan, dan kemampuan beliau untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, menjadikan dirinya sangat disukai oleh semua kalangan, kehadirannya yang menjadi solusi tanpa hanya sekedar menggurui, menujukan kearifannya sebagai pemimpin.

 

 

Sumber: DNCommunity.id

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *