Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si : Sektor Pariwisata Bisa Jadi Alternatif Pendapatan Negara

Taufiqurokhman.com – Rencana pemerintah untuk mengembangkan sektor pariwisata, terutama di daerah yang potensial, mendapat dukungan penuh dari Dosen Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Dr. Taufiqurokhman, M.Si. Menurut dia, hal ini dilakukan guna menggeliatkan kembali perekonomian dalam negeri yang saat ini dinilai melambat.

“Iya kan beberapa tahun terakhir itu, pemerintah mengandalkan komoditas. Tapi pada saat harga komoditas jatuh, kan pemerintah harus putar otak lagi toh. Salah satu caranya ya harus segera cari sektor potensial lainnya, yaitu pengembangan sektor pariwisata,” kata Taufiqurokhman.

Taufiqurokhman mengungkapkan, dengan adanya sektor pariwisata, diharapkan bisa memberikan kontribusi lebih terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Sehingga nantinya Indonesia tidak terkena dampak dari pelemahan ekonomi global.

“Harapannya, semoga dengan sektor pariwisata bisa jadi alternatif pendapatan negara,” katanya.

Dengan adanya sektor pariwisata juga, lanjut Taufiqurokhman, pertumbuhan ekonomi nasional untuk kedepannya tidak lagi bergantung pada sektor komoditi semata.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah meminta Menteri Pariwisata agar pertumbuhan sektor pariwisata bisa dipercepat dan diakselerasi. Dengan begitu, hasilnya bisa dinikmati.

“Saya minta Menteri Pariwisata melakukan percepatan di 10 destinasi wisata prioritas, yaitu di Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo Tengger Semeru, Kepulauan Seribu,  Toba, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Raya,” kata Jokowi.

Dia juga mengatakan, sektor pariwisata bisa mendorong berkembangnya usaha menengah, kecil dan industri kreatif, sekaligus terciptanya lapangan kerja baru.

Berdasarkan Data Kementerian Pariwisata, kunjungan turis mancanegara ke Indonesia pada tahun 2015 lalu telah mencapai 10,4 juta orang, naik sangat signifikan, dan estimasi perolehan devisa di sektor ini mencapai Rp144 triliun.

Jokowi menyatakan, sektor pariwisata di Indonesia pada 2015 tumbuh di atas rata-rata negara lain yang hanya naik 4,4 persen. Sementara itu, ASEAN tumbuh hanya sekitar enam persen.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si merupakan seorang mantan DPRD Banten. Kini beliau bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *