Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

DPD Diminta Bentuk Lembaga Khusus Awasi Penggunaan Dana Reses

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Mantan Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Laode Ida mengusulkan DPD perlu diawasi terutama dalam penggunaan dana reses. Ini dilakukan mengingat tak adanya transparansi dalam penggunaan dana reses oleh tiap anggota perwakilan daerah itu. “(DPD) harus dikontrol. Mungkin ada satu lembaga khusus untuk mengawasi. Apa yang mereka lakukan catat ke publik. Dana reses, ini harus dikontrol,” kata Laode di Jakarta, Sabtu (27/5/2017).

Menurut Anggota Ombudsman ini, harapan ada di pundak Oesman Sapta Odang (OSO) yang belum lama menjabat sebagai Ketua DPD. Ia berharap Ketua Umum Partai Hanura tersebut dapat membawa perubahan di lembaga perwakilan daerah ini. “Berikan Bang OSO waktu 6 bulan-sampai satu tahun,” katanya.

Dalam kesempatan sama, Sekretaris Jenderal DPD Sudarsono Hardjosoekarto, menyetujui usulan pembentukan lembaga khusus pengawas untuk DPD. Menurut dia, lembaga yang dibutuhkan merupakan lembaga eksternal, sebab untuk internal, DPD telah memiliki Badan Kehormatan (BK). “Saya sepakat. Pengawas eksternal untuk mengawasi penggunaan uang dan mengintrol setiap anggota,” ujarnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *