Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Diet Nabati Cepat Turunkan Kolesterol

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Bagi Anda yang tengah berusaha menurunkan kolesterol, diet nabati dari tumbuh-tumbuhan, ternyata secara signifikan mampu menurunkan kadar kolesterol yang diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini dalam jurnal Nutrition Reviews. Temuan tersebut menunjukkan bahwa diet nabati, atau dikenal dengan vegetarian yang dilakukan secara teratur dan jangka panjang menyebabkan perubahan komposisi tubuh, sehingga membantu mengurangi kadar kolesterol.

Penurunan kadar kolesterol tersebut, bahkan terlihat signifikan dibandingkan dengan seseorang yang mengonsumsi asupan daging dan sayur. Selain itu, diet sayuran juga diikuti oleh penurunan berat badan, tekanan darah rendah hingga penurunan kolesterol.”Tujuan kami adalah mengurangi risiko kegemukan dengan diet nabati. Di lain sisi sekaligus mengendalikan kadar lipid,” kata Susan Levin dari Physicians Committee for Responsible Medicine in di Washington, dilansir laman Indianexpress.

Sementara itu, dia mengungkapkan bahwa penelitian ini juga akan dikembangkan jangka panjang untuk mengetahui hubungan antara diet nabati dengan masalah kardiovaskular, yang mencakup pengurangan risiko serangan jantung, stroke dan kematian dini. Kolesterol adalah zat lemak yang dikenal sebagai lipid ‘HDL’ dan sangat penting untuk fungsi normal tubuh. Sedangkan kadar LDL yang ‘buruk’ dapat menyebabkan penyakit jantung.

Pola makan nabati meliputi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, yang kaya akan komponen seperti serat larut, protein kedelai dan sterol tumbuhan. Penelitian tersebut dilakukan melalui tinjauan ulang terhadap 49 studi observasional dan terkontrol. Hasilnya menunjukkan bahwa pola makan vegetarian berbasis tumbuhan dikaitkan dengan kolesterol total, yaitu 29,2 mg/dL lebih rendah. Selanjutnya, dalam uji klinis, diet nabati menurunkan kolesterol total sebesar 12,5 mg/dL.

Post Author
admin123
Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *