Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Di Libanon, Sepeda Jadi Solusi Kurangi Polusi dan Kemacetan

taufiqurokhman.com (Beirut) – Demi mengatasi polusi dan kemacetan kota, pemerintah Libanon meluncurkan program sewa sepeda di Beirut pada Minggu (30/4/2017). Dalam program tersebut, warga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling kota, lalu mengembalikannya di sebanyak puluhan halte otomatis yang tersebar di penjuru kota.

Dari 25 halte, saat ini baru ada satu halte yang beroperasi di Beirut. Perdana Menteri Libanon, Saad Hariri, mengatakan kalau selain halte, jalur pesepeda dan jadwal hari bebas kendaraan bermotor juga akan diperbanyak, agar warga bisa mengirup udara yang lebih segar.

Setiap harinya, ada sekitar 1 juta kendaraan yang melintas di jalanan Beirut. Setiap hari pula, warga harus mengalami kemacetan dan mengirup udara yang tercemar dari asap kendaraan bermotor. Selain di Beirut, program sewa sepeda juga akan diterapkan di Byblos, Tripoli, Batroun, Sidon dan Tyre.

Warga yang ingin menyewa sepeda hanya harus membayar tarif sekitar Rp39.000 untuk pemakaian selama satu jam. Warga yang berlangganan bulanan akan mendapatkan tarif lebih murah. Sebelum di Libanon, program berbagi sepeda juga telah dilakukan di Paris dan London.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *